TEMBILAHAN- BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk memudahkan para peserta dalam berbagai hal, baik untuk pendaftaran maupun pengaduan. Seperti yang terbaru, BPJS Kesehatan mengeluarkan program baru, yaitu menyediakan jasa pendaftaran cukup dari rumah sendiri.

''Jika yang ingin mendaftar tidak punya waktu untuk datang ke kantor cabang, atau kanan cabang jauh, cukup menelepon di nomor 1500 400 untuk mendaftar,'' jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan, Yessy Rahimi saat konferensi pers Virtual Servics dan Kanal Pendaftaran peserta JKN-KIS di ruangan rapat BPJS Kesehatan Tembilahan, Senin (15/5/2017).

Seperti yang dijelaskan Yessy, mekanisme untuk mendaftar melalui telepon yaitu menyiapkan kartu keluarga, nomor e-KTP masing-masing anggota keluarga, nomor rekening salah satu bank (Bank Mandiri/ BRI/ BNI/ BTN), nomor HP dan alamat email.

''Jadi sebelum menelepon, siapkan persyaratan-persyaratan itu, nomor HP atau email diperlukan untuk mengirim nomor VA. Tapi ini khusus untuk peserta Mandiri'' jelasnya.

Ia juga menambahkan, setelah 14 hari, peserta melakukan pembayaran ke bank dengan mekanisme autodebet sistem akan mengirimkan link cetak kartu melalui email dan peserta bisa mencetaknya sendiri.

''Namun jika ingin kartu aslinya, peserta mendatangi Kantor Cabang di wilayah domisilinya dengan membawa KTP dan KK,'' lanjutnya.

Keuntungan dari pendaftaran melalui telepon ini, dijelaskannya peserta tidak perlu antri, proses cepat dan mudah serta kartu akan langsung diantar ke alamat penerima.

''Tapi untuk kita belum bisa antar langsung ke alamat, karena inibaru uji coba di 25 kantor cabang se Indonesia, belum masuk Kantor Cabang Tembilahan,'' tukas Yessy. (ayu)