PEKANBARU - Ratusan warga Kota Pekanbaru, Provinsi Riau yang belum menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak hari ini, Rabu (17/4/2019) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru.

Ratusan massa ini mempertanyakan kurangnya surat suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Bertuah. Sehingga, masih banyak masyarakat yang belum menyalurkan hak pilihnya.

Menurut salah seorang warga, Erwin Wijaya (31) mengatakan, ia sudah menunggu dari siang untuk menyalurkan hak pilihnya. Namun ternyata, TPS tempat ia memilih kehabisan surat suara.

"Tak ada kepastian. Ada yang surat suaranya habis, disuruh tunggu. Petugas KPPS juga tak bisa memberikan solusi. Terus kami mendapat informasi disuruh datang ke KPU. Dan kami sudah datang. Tetapi disini juga tidak ada petugasnya," kata warga Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau ini.

Ia juga menuturkan, masih ada banyak pemilih yang belum mencoblos, bahkan yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pun disuruh menunggu surat suara yang tidak mencukupi.

"Disuruh nunggu hingga jam 2 siang. Dan sekarang kami menunggu disini disuruh balik lagi ke TPS, sementara TPS nya sudah tutup," terangnya.

"Terlepas dari apapun pilihan politik kami, hak suara merupakan kewajiban seluruh warga Indonesia. Kami disuruh jangan golput, tapi malah begini," tukasnya.

Sebelumnya, Pemilu serentak di Kota Pekanbaru mengalami kendala kekurangan surat suara. Seperti surat suara di TPS Taman Arengka Indah, Sidomulyo Barat, Tampan, Pekanbaru, Riau yang sudah habis. Akibatnya puluhan warga tak bisa menyalurkan hak pilih pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019.

Pantauan GoRiau.com di lokasi, Rabu (17/4/2019) suasana sempat heboh karena panitia harus menghentikan penerimaan pendaftaran karena sudah kehabisan kertas suara.

''Mohon maaf kepada warga karena kami tidak dapat menerima pendaftaran lagi berhubung kertas suara habis,'' ujar Yulizar, panitia pemilihan.

Berdasarkan keterangan panitia di TPS 39, jumlah warga di RT 001/RW 011 Taman Arengka Indah yang memiliki hak pilih berjumlah 225 orang, tapi surat suara yang diterima panitia hanya 151 surat suara.

Di Komplek Taman Arengka Indah terdapat dua TPS, satu lagi TPS 38. Di TPS 38 jumlah surat suara juga kurang namun tidak sebanyak di TPS 39. ***