ALJIR -- Meski tidak bisa menulis dan membaca, tidak menghalangi Hajiya Melisa Haiwani untuk bisa menghafal seluruh isi Alquran.

Dikutip dari Republika.co.id yang melansir Iqna.ir, Kamis (8/7/2021), Melisa bisa menghafal 30 juz isi Alquran hanya dengan mendengarkan ayat-ayat suci tersebut dibacakan.

Ajaibnya lagi, wanita asal Aljazair ini baru memulai berusaha menghafal Alquran itu saat usinya sudah 62 tahun dan berhasil menghafalkan 30 juz ketika berumur 75 tahun. Jadi, butuh waktu 13 tahun bagi Melisa untuk menghafal semua isi kitab suci umat Islam tersebut.

Melisa tinggal di Setif sebuah kota di timur Aljazair. Keberhasilannya menghafal seluruh ayat Alquran dilakukan dengan cara mendengarkan setiap potongan-potongan ayat yang dibacakan. 

Melisa awalnya pergi ke Masjid Al Sabtayn di kotanya. Ia menemui seorang guru Alquran di masjid itu dan memintanya untuk membimbingnya menghafal Alquran.

Pada awalnya sang guru pun meragukan hal itu, namun guru Alquran itu pun kagum dengan kesungguhan Melisa dan akhirnya mengajarnya. Tapi butuh proses dan waktu yang panjang bagi Melisa untuk bisa menghafalkan seluruh Alquran. Melisa membutuhkan waktu 13 tahun untuk mempelajari setiap huruf dan kata dalam Alquran, kemudian menghafalnya dengan cara mendengar.***