TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishubkominfo), pada tahun ini akan membangun 36 dermaga pelabuhan yang bersumber dari APBD Kabupaten sebesar Rp 6,2 miliar.

''Tahun ini, kita akan bangun 36 dermaga, dimana dua diantaranya sudah selesai dibangun yaitu yang terletak di Kecamatan Sungai Batang,'' kata Kepala Dishubkominfo Inhil, Tantawi Jauhari melalui Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Sungai, Irsan Pohan kepada GoRiau.com Kamis (19/6/2014).

Dari 36 paket tersebut, dikatakannya 6 diantaranya melalui proses lelang, 30 penunjukan langsung dan salah satu dermaga yang terletak di Desa Perigi Raja Kecamatan Kuindra akan dibangun dengan menggunakan ponton apung atau High Density Polyethylene (HDPE).

''Menggunakan HDPE ini kualitasnya lebih bagus dan tahan lebih lama, kita juga tahun lalu sudah uji coba di Teluk Belengkong dan Concong, namun karena dananya lebih besar jadi secara bertahap kita gunakan,'' ujarnya.

Selain membangun 36 dermaga, lanjut Irsan, 14 dermaga yang sudah dibangun pada tahun sebelumnya juga akan direnovasi yang juga bersumber dari APBD Kabupaten sebesar Rp 3,2 M. ''6 diantaranya yang akan kita renovasi melalui lelang, serta juga di 4 Kecamatan akan kita pasang HDPE, seperti di Sungai Piring Batang Tuaka, Pulau Kijang Reteh, Hidayat Kuindra dan Lahang Gaung,'' tambah Irsan.

Sementara itu 36 Dermaga yang akan dibangun tersebut adalah di Kecamatan Kuindra di Desa Perigi Raja dan Desa Sungai Buluh. Kecamatan Keritang, 2 Dermaga di Desa Pebenaan, Desa Teluk Kelasa, Desa Kota Baru Reteh dan Desa Pasar Kembang. Kecamatan Tembilahan di Terusan Mas Sungai Perak, Ruang Tunggu Dermaga UPTD Tembilahan, Sungai Jepun Kelurahan Sungai Perak, Kampung Kesayangan dan Amban Sari Kelurahan Seberang Tembilahan. Kecamatan Pelangiran di Dusun Sepakat Jaya Desa Simpang Kateman, Parit Kateman Jaya dan Parit Karya Mandiri Lubuk Kempas. Kecamatan GAS di Desa Sungai Empat dan Dusun Harapan Baru Desa Teluk Pantaian. Kecamatan Mandah di Desa Bakau Aceh, Desa Igal dan Sepakat Jaya. Kecamatan Reteh di Desa Sungai Payung Desa Seberang Pulau Kijang, Desa Pulau Kecil, Kelurahan Pulau Kijang dan Desa Pulau Ruku. Kecamatan Kateman di Desa Kuala Selat, Desa Penjuru, Bandar Kemuning, dan Dermaga Lanjutan Kecamatan Kateman. Kecamatan Sungai Batang 2 Dermaga. Kacamatan Enok di Kelurahan Teluk Medan, Desa pengalihan dan Desa Jaya Bakti. Kecamatan Gaung di Desa Lahang Baru, Desa belantaraya dan Desa Tanjung Lajau. (ayu)