SELATPANJANG - Jika tidak ada halangan, di tahun 2020 mendatang atau tahun depan di Tasik Nambus, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau akan dibangun Mushalla dan Balai Pertemuan.

Demikian disampaikan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Laskar Merah Putih Tasik Nambus Tengku Fadli Fakhrudin, Rabu (10/4/2019) siang, saat berbincang-bincang dengan GoRiau.com.

"Insya Allah tahun depan di Tasik Nambus akan dibangun Mushalla dan Balai Pertemuan, untuk saat ini kita mulai melakukan pembersihan lahan untuk lokasi pembangunan tersebut," ujarnya.

Dijelaskan Laki-laki yang akrab disapa Yayan itu bahwa Mushalla dan Balai Pertemuan akan dibangun di sekitar lokasi tersebut dengan masing-masing ukuran 6x6 M3.

"Jadi lahan yang kita bersihkan sekitar 15 Meter persegi. Dan pembersihannya kita mulai dari sekarang agar saat berjalannnya pembangunan nanti lahan sudah tersedia dan hanya tinggal pelaksanaan pembangunannya saja," jelasnya.

Ditambahkan Yayan, pembangunan Mushalla dan Balai Pertemuan itu dianggarkan oleh Disparpora lewat APBD Kepulauan Meranti. Meski masih lama namun pihaknya harus terlebih dahulu menyiapkan lahan agar tidak tidak buru-buru melakukan pembersihan saat pembanguan dilaksanakan nantinya.

"Mana tau nanti di Tahun 2018 ini ada Dana DAK yang bisa masuk untuk pembangunan ini. Jadi kita tidak lagi buru-buru melakukan pembersihan lahan, kan tinggal bangun aja lagi," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, salah seorang warga setempat, Andi juga berharap pembangunan Mushalla dan Balai Pertemuan di Tasik Nambus bisa segera dilaksanakan mengingat sarana penunjang itu sangat penting bagi pengunjung.

"Kalau sudah ada Mushalla jadi senang kita maupun para pengunjung Tasik Nambus untuk menunaikan sholat di situ. Mudah-mudahan bisa segera dibangun," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora Kepulauan Meranti, Tengku Arifin mengaku senang dengan upaya yang dilakukan oleh Pokdarwis dalam mempersiapkan lahan jelang pembangunan dilakukan.

"Saya rasa itu sangat luarbiasa, karena Pokdarwis disana aktif dan kreatif dalam upaya pelestarian hutan di Tasik Nambus. Tanpa mereka siapalah kita dalam upaya melestarikan alam ini," ujarnya.

Tengku Arifin juga membenarkan bahwa Pembangunan Mushalla dan Balai Pertemuan tersebut direncanakan akan dibangun tahun depan. Ia juga berharap agar perencanaan itu bisa direalisasikan.

"Mudah-mudahan Mushalla dan Balai Pertemuan sudah dibangun tahun depan, dan pengunjung sudah bisa menikmati pembangunan tersebut," harapnya.***