JAKARTA -- Video Acara syukuran PDIP Bali yang diwarnai dengan tiup lilin dan suap-suapan tumpeng menggunakan sendok yang sama, beredar luas di media sosial.

Dikutip dari detikcom, dalam video yang beredar, terlihat belasan orang memakai masker serta udeng di kepalanya berdiri di panggung acara. Tampak pula tumpeng yang disiapkan di atas meja.

Ada momen tiga orang, yaitu Ketua PDIP Bali I Wayan Koster bersama dua orang lain, meniup lilin yang sama dengan melepas masker terlebih dulu.

Di momen lain, diiringi lagu berlirik ''Potong tumpengnya sekarang juga', Koster memotong tumpeng lalu menyuapkan ke salah seorang peserta acara. Kemudian, masih menggunakan sendok yang sama, Koster menyuapkan makanan ke peserta lainnya.

Saat konfirmasi, Koster mengatakan acara tersebut adalah bentuk syukuran PDIP Bali atas penyelenggaraan Pilkada 2020 di Pulau Dewata tersebut. Acara tersebut diselenggarakan Sabtu (23/1).

''Acara penyampaian terima kasih kepada penyelenggara Pilkada, KPUD, Bawaslu Daerah, Kapolda dan Pangdam atas penyelenggaraan Pilkada yang telah berjalan dengan lancar, aman, damai dan sukses dalam masa pandemi Covid-19,'' ujar Koster kepada detikcom, Senin (25/1/2021).

Koster menuturkan, acara ini digelar di kantor DPD PDIP Bali dengan 25 peserta. Para peserta dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan rapid test antigen.

''Acara dilaksanakan di aula kantor DPD PDI Perjuangan dengan jumlah peserta sekitar 25 orang, menjaga jarak, memakai masker, dan telah mengikuti rapid test antigen dengan hasil negatif. Hanya pada saat tiup lilin saja masker dibuka, sebelum dan sesudahnya masker tetap dipakai,'' sebutnya.

Dia juga menjelaskan soal momen suap-suapan. Koster mengakui dua orang menggunakan sendok yang sama, dengan alasan efektivitas.

''Karena kecepatan, satu sendok dipakai 2 orang, setelah itu yang lain, 9 orang, pakai sendok berbeda,'' ujar Koster.***