PEKANBARU - Anggota Komisi I DPRD Riau, Zulfi Mursal mengingatkan para Penjabat (Pj) Penjabat Sementara (Pjs) di 5 kabupaten yang dilantik siang ini oleh Gubernur Riau, Syamsuar untuk menjaga netralitasnya selama mengemban amanah.

Dikatakan Ketua Fraksi PAN DPRD Riau ini, Pj dan Pjs ditunjuk untuk bisa mensukseskan Pilkada dan juga menjalankan roda pemerintahan selama Pilkada Serentak berlangsung.

Zulfi berharap mereka bisa menjaga netralitas ASN tanpa ada intrik-intrik politik yang berakibat pada kerugian Paslon-paslon tertentu dalam pagelaran Pilkada nantinya.

"Kita harap mereka bisa menjaga netralitas dengan sebaik-baiknya. Tidak ada pesanan khusus untuk memenangkan salah satu Paslon tertentu. Mudah-mudahan ini bisa dijaga dengan baik," kata Mantan Ketua DPRD Siak ini kepada GoRiau.com, Sabtu (26/9/2020.

Kepada Bawaslu baik kabupaten maupun provinsi, Zulfi berharap agar mereka tetap menjaga citra Bawaslu selaku pengawas pemilu, termasuk mengawasi pemerintahan khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Jangan ada keberpihakan pada salah satu Paslon, dengan iming-iming apapun itu," tambahnya.

Sebagai Anggota Komisi I yang mengawasi roda pemerintahan, Zulfi memastikan dirinya siap melakukan pengawasan sekaligus membuka komunikasi bagi sesiapa yang merasa dirugikan atas netralitas ASN di Pilkada.

Seperti yang diketahui, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengaku sudah menerima Surat Keputusan (SK) Penjabat (Pj) dan empat Pejabat Sementara (Pjs) Bupati dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Pelantikan akan dilakukan siang nanti di Gedung Daerah Pekanbaru.***