PEKANBARU – Ketua Komisi V DPRD Riau, Eddy A Moh Yatim, mendesak pemerintah memberikan penjelasan sejelas-jelasnya kepada masyarakat terkait isu fenomena 'hepatitis misterius'.

Saat ini, kata Eddy, banyak informasi-informasi yang diragukan kebenarannya berkembang di tengah masyarakat, terutama soal hepatitis misterius yang disebabkan oleh vaksin anak.

"Ada yang bilang ini dampak vaksin, kalau ini tak benar, ini perlu diluruskan, pemerintah harus jelaskan secara medis, agar tak menimbulkan keresahan. Karena kita yakin pemerintah tak mungkin punya keinginan mencelakakan rakyatnya," ujar Politisi Demokrat ini, Selasa (10/5/2022).

Penjelasan secara medis ini tentunya harus bisa dipertanggungjawabkan oleh pemerintah, sehingga nanti tak ada informasi yang tumpang tindih, dan kemudian membuat masyarakat menjadi tidak percaya lagi pada pemerintah.

Sebab, sambung wakil rakyat dari Dapil Dumai, Kepulauan Meranti dan Bengkalis ini, banyak juga masyarakat yang mulai membuat spekulasi dan ini sangat tidak baik untuk citra pemerintah.

"Itu yang kita khawatirkan, tidak satu dua saya dengar masyarakat itu menganggap bahwa isu ini sengaja disebarkan untuk mewajibkan masyarakat untuk vaksin keempat atau yang lainnya. Yang begini kita mau cegah, makanya pemerintah harus menjelaskan ini," tutupnya. ***