JAKARTA - Persija Jakarta membuat keputusan mengejutkan dengan melepas talenta terbaiknya, Sutan Zico Minggu, 20 Juni 2021. Macan Kemayoran melepas Sutan Zico ke klub Liga 2 PSG Pati untuk musim kompetisi 2021-2022. 

Keputusan tersebut diambil manajemen untuk menambah pengalaman Zico. Terlebih saat ini, Zico sangat sulit untuk menembus tim utama. Maka dari itu bermain di Liga 2 adalah opsi terbaik Zico untuk mematangkan diri karena berpotensi mendapatkan menit bermain lebih besar.

Zico sendiri memang kalah bersaing dengan pemain muda Persija yang naik ke tim senior. Seperti Taufik Hidayat, Braif Fatari hingga Alfriyanto Nico.

“Persaingan di lini depan tim utama Persija saat ini tidak menjadi tempat berkembang yang pas untuk Zico. Setelah berdiskusi, kami bersepakat bermain di level Liga 2 adalah yang terbaik untuk perkembangan karir Zico,” kata Direktur Olahraga Ferry Paulus pada Minggu (20/6/2021).

Meski telah resmi melepas Zico ke PSG Pati, Ferry mengatakan akan tetap memantau perkembangan pemain muda tersebut. Tidak menutup kemungkinan, terang Ferry, Persija kembali merekrut Zico andaikata mampu menunjukkan permain terbaik dan berkembang di Liga 2.

“Kami melepas Zico dengan klausul buy back agar di kemudian hari yang bersangkutan dapat kembali ke Persija. Saya berharap Zico dapat kembali ke Persija dengan energi dan semangat baru,” tutupnya. ***