PEKANBARU – Karir politik yang terbilang sukses, ternyata tidak menghambat semangat Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, untuk terus belajar, sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Menjadi Pimpinan DPRD Riau dan juga Ketua DPD Demokrat Riau di usia yang tergolong sangat muda, yakni 37 tahun, Agung masih memiliki semangat belajar yang sangat tinggi.

GoRiau
Hal tersebut sudah dia buktikan, Senin (8/8/2022), dimana dirinya resmi menyandang gelar Magister Manajemen (MM) di Universitas Lancang Kuning. Agung dinyatakan lulus pada sidang tesis studi strata 2, program studi manajemen.

Agung sendiri, sebenarnya bukan sosok yang menonjol di bidang akademik. Sejak usia remaja, nama Agung cukup tenar di kalangan anak muda, sebagai seorang pebalap.

Memakai nama 'Agung Kencana', Agung dikenal sebagai pebalap yang cukup nekat dan menyukai tantangan. Inilah yang kemudian menjadi modal Agung dalam menyabet gelar juara balap di tingkat nasional bersama klub motornya, Kencana.

Selain berkiprah di dunia otomotif, Agung juga banyak menghabiskan masa remajanya di organisasi, dia bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP), dan kemudian menjadi Ketua KNPI Kota Pekanbaru.

Saat ini, Agung tercatat sebagai Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Riau tiga periode, dan juga aktif membina sejumlah anak-anak muda, dia bahkan melibatkan banyak anak muda dalam menjalankan roda organisasi.

Pengalaman dan kemampuannya dalam berorganisasi inilah, yang kemudian membuat Agung tertarik untuk menguasai teori tentang manajerial, hingga mendapat titel Magister Manajemen.

Di tengah kesibukannya dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat di DPRD Riau, Agung terus menyempatkan diri untuk belajar. Dan terbukti, Agung mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh para penguji di sidang tesis.

Adapun, sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Penguji Dr Ririn Handayani, serta diikuti masing-masing Sekretaris M Rasyid Abdillah SE MM PhD, Anggota I Dr Adolf Bastian SPd MPf yang juga Dekan Sekolah Pasca Sarjana Unilak, dan Anggota II Dr Fahmi Oemar SE MM Ak ini menguji tesis yang diajukan Agung Nugroho dengan judul kepemimpinan yang autentik.

Dalam kesempatan itu, Agung turut didampingi sang istri Hj Sulastri beserta anak, Ketua Komisi I DPRD Riau Eddy A Mohd Yatim, Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau Zulkifli Indra, Sekretaris DPD Demokrat Riau Arwan Citra Jaya serta beberapa sahabat yang memberikan dukungan moral terhadap Agung.

Usai dinyatakan lulus dengan nila A, Agung mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas akademi Universitas Lancang Kuning, khususnya pada Program Studi Pasca Sarjana.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasih kepada dosen pembimbing, wabilkhusus kepada istri tercinta Sulastri yang telah memberikan motivasi kepada dirinya untuk melanjutkan pendidikan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh civitas akademi Unilak, terkhusus untuk Bapak Dekan Prodi Pasca Sarjana, dosen saya yang dengan sabar memberikan ilmu dan membimbing saya hingga bisa menyelesaikan studi S2 ini,” ucapnya dengan rasa haru.

Usai sidang, Agung kepada wartawan mengaku sangat bersyukur. Agung mengakui bahwa ia memang tidak sempat terpikir bisa melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang Strata 2. Maka ia menganggap kelulusan yang diraih sebagai sebuah karunia yang tak terhingga.

“Memang tidak sempat terpikir bagi kami untuk sampai melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Alhamdulillah, istri selalu memberikan semangat. Mudah-mudahan bisa memberikan motivasi kepada generasi muda untuk dapat menyelesaikan pendidikan setinggi-tingginya,” ucap Agung.

“mudah-mudahan ilmu yang didapatkan selama mengenyam pendidikan S2 di Unilak dapat bermanfaat bagi saya untuk mengabdikan diri ke masyarakat,” tambahnya.

Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning Dr Adolf Bastian Spd Mpd, turut mengucapkan selamat kepada Agung Nugroho telah dapat menyelesaikan Studi S2 di Universitas Lancang Kuning. Kata dia, semangat yang dibangun para wakil rakyat ini untuk menimba ilmu sangat menginspirasi. Walaupun memiliki segudang kesibukan lain untuk menyuarakan aspirasi masyarakatnya.

"Apa yang dilakukan Pimpinan DPRD Riau Agung Nugroho ini patut kita contoh. Mereka punya komitmen yang kuat untuk menambah ilmu yang dirinya miliki, tentu kami berharap ilmu yang diperoleh di kampus ini dapat diterapkan dalam melayani publik," pungkasnya. ***