PEKANBARU – Warga Indonesia sudah boleh tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar maupun dalam ruangan. Namun demikian, pandemi Covid-19 belum berakhir.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat terkait penetapan PPKM di Kota Pekanbaru. Karena terhitung hari ini, Senin (23/5/2022), PPKM Level 2 yang ditetapkan sudah berakhir.

"Kita menunggu arahan dari pusat seperti apa. Apakah PPKM ini masih lanjut atau bagaimana," ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru, Syoffaizal.

Menurutnya, pemerintah belum menetapkan apakah pandemi Covid-19 akan menjadi endemi. Meskipun warga sudah bebas tidak menggunakan masker. "Namun apakah pandemi ini akan menjadi endemi, kita belum tahu. Kita tunggu arahan dari pusat," ujarnya.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa Kota Pekanbaru sudah mengendalikan pandemi tersebut karena beberapa hari ini, kasus Covid-19 sudah nihil.

"Kalau untuk perkembangan kasus, sekarang nihil terus. Tapi tetap kita imbau agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan" pungkasnya. ***