PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau Edy Nasution usai melakukan koordinasi penghematan penggunaan listrik, berupa lampu dan air conditioner (ac), melakukan sidak ruangan-ruangan yang ada di Kantor Gubernur Riau, Jumat (22/2/2019).

Edy Nasution melakukan sidak disetiap ruangan, terkecuali ruangan Gubernur Riau. Saat sidak ia menemukan hampir seluruh ruangan yang tak digunakan air condotionernya masih menyala.

Tidak hanya itu, ruangan yang seharusnya mendapat cukup penerangan, tapi lampu masih menyala. Bahkan yang lebih mengejutkan dirinya saat masuk ke salah satu ruangan tapi televisi dalam kondisi masih menyala di Ruangan Sekdaprov.

"Tadi saat saya masuk ke ruangan di Kantor Gubernur ada televisi yang masih menyala. Coba bayangkan, berapa arus listrik yang bisa kita hemat ketika ruangan tersebut tidak digunakan, listrinya dimatikan," kata Edy Nasution kepada GoRiau.com, Jumat (22/2/2019).

Saat menuju ke salah satu ruangan biro setdaprov ada pegawai yang berstatus ASN tidak menggunakan baju melayu. Saat itu Edy Nasution langsung menegur kenapa tidak menggunakan baju yang sudah memang aturannya setiap Hari Jumat.

"Orang di luar sana banyak yang mau jadi pegawai (asn), kita pegawai tapi disuruh memakai baju melayu saja tidak mau. Tidak ada yang susah sebenarnya kalau kita mau bersama-sama menegakkan aturan yang sudah ada," ungkapnya.

Edy Nasution juga menegaskan, kalau dirinya tidak akan melakukan suatu pembaharuan aturan. Dirinya hanya mengikuti aturan yang sudah berlaku di lingkup Pemprov Riau. Kalau memang sudah ada aturannya, mari sama-sama mengikuti dan memahaminya.

"Tadi pagi saya dan Pak Syamsuar salat duha di Masjid Al Hidayah. Usai salat saya bersama Pak Gubernur mau ke bandara pukul 07.30 WIB, tapi saya lihat belum ada satu pun peserta apel kumpul di lapangan," jelasnya.

Saat sidak, Edy Nasution didampingi Asisten I Ahmad Syah Harrofie, Staf Ahli Joni Irwan, Karo Umum Aryadi dan Karo Pembangungan Indra, serta sejumlah pejabat lainnya.

Usai melaksanakan sidak, Edy Nasution salat jumat berjamaah di Masjid Al Hidayah lingkungan Kantor Gubernur Riau. (advertorial)