PEKANBARU - Tim satuan tugas (Satgas) Covid-19 di Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, bersama Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau (Unri) melakukan penertiban protokol kesehatan di Pasar Cerenti.

Wakil ketua Tim Kukerta Relawan Covid-19 Unri di Kecamatan Cerenti, Sonia Carasscalao mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menghadapi kesiapan menuju kehidupan normal baru atau new normal tahun 2020. Yang mana, kegiatan penertiban ini sendiri dipusatkan di tiga titik akses masuk ke dalam Pasar Cerenti, pada Senin (29/6/2020) kemarin.

"Untuk memasuki pasar, masyarakat kamj minta untuk mematuhi protokol kesehatan yakni dengan wajib memakai masker, mencuci tangan dan mengecek suhu tubuh," kata Sonia kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Kamis (2/7/2020).

GoRiau Kegiatan Tim Satgas Covid-19 d
Kegiatan Tim Satgas Covid-19 dan Tim Kukerta Relawan Covid-19 Unri di Pasar Cerenti.

Tak lupa, ia juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Apa lagi pasar ini merupakan tempat bertemu dan berkumpulnya orang banyak yang berjualan dengan pembeli. Sehingga di sini harus tertib protokol kesehatan, jadi kami juga memberikan edukasi tentang pentingnya protokol kesehatan ini," ujarnya.

Kegiatan mahasiswa kukerta dalam membantu tim satgas Covid-19 ini pun diapresiasi oleh Kepala Puskesmas Cerenti, Mona Sahmelita.

GoRiau Kegiatan Tim Satgas Covid-19 d
Kegiatan Tim Satgas Covid-19 dan Tim Kukerta Relawan Covid-19 Unri di Pasar Cerenti.

"Kegiatan ini sangat membantu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kecamatan Cerenti, karena pedagang maupun pembeli yang berkunjung di pasar Cerenti tidak hanya berasal dari masyarakat Cerenti, tetapi dapat berasal dari luar Cerenti yang mungkin bisa saja berasal dari daerah yang terjangkit," kata Mona. ***