SIAK - Pembangunan Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau Tahun 2017 untuk Kabupaten Siak sudah mulai dikerjakan. Jumlahnya hanya 166 unit dan disebar untuk 4 Kecamatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak, H Irving Kahar Arifin menyebutkan sejumlah desa/kampung di Kabupaten Siak menerima bantuan RSLH dari Pemerintah Provinsi Riau.

"Kampung/Desa di wilayah Kecamatan Sungai Apit, Sabak Auh, Dayun dan Lubuk Dalam mendapatkan bantuan RSLH 166 unit ini. Bantuan RSLH dari APBD Pemprov Riau 2017," kata Irving Kahar kepada GoRiau.com, Rabu (20/9/2017).

Berdasarkan data dan keterangan yang disampaikan oleh Kepala Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak itu, 3 desa/kampung di Kecamatan Dayun yang menerima bantuan RSLH tahun 2017 adalah Kampung Banjar Seminai (16 unit), Berumbung Baru (15 unit), dan Sialang Sakti (16 unit), dengan total sebanyak 47 unit.

"Saat ini pengerjaan pembangunan RSLH tersebut baru sedang dimulai. Ada yang masih dalam tahap pengerjaan pondasi, dan ada juga yang sudah mulai pemasangan batubata (pemasangan dinding, red)," papar Irving lagi.

Pengerjaannya tidak melalui CV ataupun PT alias kontraktor. RSLH ini sifatnya bantuan swadaya jadi dibangun bersama masyarakat setempat dengan dibantu 1 tukang sesuai dengan bidangnya bagian pertukangan.

Hal senada juga dikemukakan oleh Penghulu Kampung Banjar Seminai Kecamatan Dayun Hj Siti Aminah, ia menyebutkan bahwasanya pada tahun 2017 ini terdapat sebanyak 16 unit RSLH yang dibangun di wilayah Kampung Banjar Seminai.

“Pada tahun ini terdapat sebanyak 16 unit RSLH yang dibangun di Kampung Banjar Seminai, yang tentunya semua itu terealisasi berkat dukungan dan perjuangan Pemda Siak dalam hal mewujudkan kesejahteraan bagi keluarga kurang mampu yang ada di sini,” papar Hj Siti Aminah. ***