DURI - Gedung Batin Betuah Kantor Camat Mandau disulap sementara menjadi tempat medis penanganan pasien Keluarga Berencana (KB) yang di taja oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bengkalis.

Terlihat para ibu sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, khususnya yang ingin memasang alat kontrasepsi jenis spiral. Rata-rata, awalnya memilih jenis implan, namun setelah mendapat penjelasan mengenai keuntungannya menggunakan spiral, mereka malah mendadak beralih ke jenis spiral.

"Tadi sudah mau pasang implan, tapi sebelum mulai, tenaga medisnya ngasih tahu kalau spiral lebih aman dan jangka waktunya cukup lama. Jika tidak ada keluhan, tidak perlu cek ke puskesmas, karena bisa di cek sendiri. Makanya saya telepon suami, suami bilang terserah mana bagusnya saja," ujar Yanti saat dikonfirmasi GoRiau.com (GoNews Grup), Kamis (13/10/2016) usai memasang KB spiral di mobil pelayanan kesehatan (mopel) milik BKKBN Provinsi Riau yang dipinjam pakaikan sementara untuk di wilayah Kabupaten Bengkalis.

Ditempat yang sama, Kepala BPPKB Kabupaten Bengkalis, H Mustafa melalui Kepala Bidang Keluarga Berencana dan kualitas Keluarga Sejahtera, Hj Mardiani Tarmizi saat dikonfirmasi GoRiau.com mengatakan bahwa kontrasepsi jangka panjang memang sangat efektif dan efisien, misalna implan sekali pasang bisa untuk 3 tahun dan IUD (spiral) sekali pasang bisa untuk 8-10 tahun kedepannya.

"Jadi pemahaman KB ini memang harus terus disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak lagi memiliki keraguan atau ketakutan dalam memilih KB. Hari ini saja, kita bisa melihat antusiasnya pasangan subur yang datang untuk berKB," kata Kabid KBKS.

Menurutnya, kesadaran masyarakat akan berKB jauh meningkat. Hal itu dibuktikan dengan beberapa Kecamatan yang sukses mengajak masyarakatnya berKB, seperti Bantan dan Siak Kecil. Bahkan untuk prestasi, Bengkalis pernah meraih juara 2 KB Lestari 15 tahun tingkat nasional dan juara 1 tingkat Provinsi sebagai motivator KBKS terbaik.

"Saya ingin dimasa terakhir massa dinas saya ini, masyarakat di wilayah Kabupaten Bengkalis ini, khususnya pasangan usia subur sudah mau ikut berKB untuk mensukseskan program pemerintah menuju generasi bermutu," tutupnya. ***