SOLO - Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19. Purnomo menjalani tes swab pada Sabtu (18/7/2020) dan hasilnya keluar Kamis (23/7/2020).

Dikutip dari Kompas.com, dua hari sebelum menjalani tes swab itu, Purnomo melakukan kunjungan ke Istana Negara dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas rekomendasi PDIP terkait pencalonan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo 2020.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pada Jumat (17/7/2020) hasil tes dari Purnomo masih abu-abu, dan setelah dilakukan tes kedua hasilnya positif.

''Pertama itu masih antara positif negatif masih abu-abu. Kedua hasilnya positif,'' kata Rudy, sapaan FX Hadi, saat dihubungi, Jumat (24/7/2020).

Rudy mengimbau orang yang pernah melakukan kontak erat dengan Purnomo melakukan tes swab.

''Saya juga ikut swab. Tidak usah takut dan tidak boleh stres, dan tidak boleh marah,'' kata dia.

Sementara itu Ketua Pelaksana Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani mengatakan, kondisi Purnomo saat ini sehat dan tidak ada keluhan.

Karena itu yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di kediamannya.

''Iya, (sedang) isolasi mandiri,'' kata Ahyani, saat dihubungi via telepon, Jumat (24/7/2020).

Untuk memutus rantai penyebaran virus itu, pihaknya akan melakukan tracing kepada orang terdekat dan mereka yang melakukan kontak erat dengan Wakil Wali Kota Solo tersebut.***