JAKARTA - Google menghapus tujuh aplikasi dari Play Store untuk melacak pengguna. Aplikasi yang memata-matai pengguna ini diungkap oleh perusahaan anti-virus Avast.

Dalam unggahan situsnya, Avast mengatakan aplikasi mata-mata ini digunakan untuk melacak dan mengirim data lokasi, serta kontak, call log dan pesan singkat (SMS). Avast menuding kemungkinan besar aplikasi ini dibuat oleh pengembang Rusia.

"Aplikasi ini memerlukan snoop untuk memiliki akses ke ponsel yang ingin mereka mata-matai. Snoop dapat mengunduh aplikasi dari Google Play Store dan menunggu pengguna memasukkan memasukkan alamat email beserta sandi kunci (password)," ujar Avast, seperti dikutip dari GadgetNow, Kamis (18/7/2019).

Avast mengatakan hal yang menakutkan tidak ada ikon dari aplikasi ini sehingga pengguna tidak pernah tahu ada aplikasi stalkerware yang terinstal di ponsel mereka.

Ads
Meski Google sudah menghapus dari Play Store, pengguna disarankan untuk melakukan uninstall aplikasi tersebut bisa sempat diunduh. Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 130.000 kali.

Berikut daftar aplikasi spyware yang dihapus Google:

1) Employee Work Spy

2) SMS Tracker

3) Spy Tracker

4) Mobile Tracking

5) Phone Cell Tracker

6) Spy Kids Tracker

7) Track Employees Check Work Phone Online Spy Free.***