PEKANBARU - Jurusan tidak selalu menentukan dan dasar bagi suatu profesi ataupun pekerjaan seseorang. Namun, kebanyakan orang tentunya ingin memilih jurusan yang dapat menyokong jalan karier mereka di masa depan.

Berikut ini, merupakan 10 jurusan yang diperkirakan akan semakin diminati dan berkembang dalam waktu sepuluh tahun kedepan.

1. Akuntansi Akuntansi memang bukan ilmu yang asing. Namun berdasarkan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja, profesi akuntan dan auditor diprediksi akan mengalami peningkatan pencarian sebanyak 6% hingga tahun 2028. Hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan ekonomi yang membuat layanan keuangan semakin dibutuhkan.

2. Periklanan Berdasarkan pasarnya, periklanan diekspektasi akan berkembang pesat 10 tahun ke depan. Karena itu, dibutuhkan talenta-talenta dalam periklanan seiring dengan permintaan yang meningkat. Kamu yang punya ketertarikan di bidang ini bisa mempertimbangkan diri untuk melirik jurusan komunikasi periklanan.

3. Teknik Sipil Industri teknik sipil juga dikatakan mengalami peningkatan positif sejak 2018 dan diprediksi akan semakin berkembang hingga delapan tahun lagi. Selain talenta-talentanya makin banyak dicari, penghasilan yang diterima juga diketahui tidaklah sedikit. Apa yang dipelajari dalam teknik sipil sendiri umumnya adalah perencanaan pembangunan gedung dan infrastruktur.

4. Sains Komputer Bukan rahasia lagi jika perkembangan zaman membuat ilmu komputer sangat dibutuhkan. Berdasarkan analisa data, pekerjaan-pekerjaan di bidang desain sistem komputer akan semakin berkembang 10 tahun lagi. Hal ini bisa menjadi referensi kamu yang sedang memilih jurusan kuliah.

5. Manajemen Konstruksi Disebutkan pula jika karier terkait konstruksi bakal berkembang dan semakin banyak dicari. Menurut Investopedia, beberapa tahun ini pekerjaan konstruksi dan renovasi meningkat sebanyak 14%. Selain berhubungan dengan perancangan gedung, kemampuan untuk menguasai manajemen konstruksi juga diperlukan terutama untuk posisi-posisi senior.

6. Arsitektur Landscape Tak hanya rumah dan gedung, arsitek juga dibutuhkan untuk merancang landscape. Berdasarkan analisa data, industri ini akan berkembang sebanyak 4% di 2028. Sedangkan penjualan dalam industri arsitektur landscape beberapa tahun ini meningkat sebanyak 14%.

7. Linguistik Kamu yang memilih atau sedang mempertimbangkan jurusan bahasa bisa mengincar profesi interpreter atau penerjemah. Diprediksi jika profesi tersebut akan meningkat hingga 19% 10 tahun mendatang mengingat globalisasi di berbagai industri kerja. Selain kuliah jurusan bahasa, biasanya pekerjaan ini membutuhkan sertifikasi.

8. Hukum Jurusan hukum selalu difavoritkan. Tapi kamu tidak harus selalu lulus untuk menjadi pengacara. Dilansir Investopedia, lapangan pekerjaan terkait jasa legal yang dipelajari selama perkuliahan akan meningkat hingga 50 ribu di 2028. Meski begitu, kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk mengambil studi lanjutan.

9. Keperawatan Profesi perawat memang sudah tidak asing lagi. Kamu yang berminat dalam bidang kesehatan bisa mempertimbangkan jurusan tersebut yang dikatakan akan semakin dibutuhkan ke depannya. Selain jalan karier yang sudah jelas, umumnya pekerjaan ini tidak terlalu membutuhkan studi lanjutan.

10. Kesejahteraan Sosial Jurusan kuliah tak biasa yang diprediksi akan berkembang dalam 10 tahun ke depan adalah kesejahteraan sosial. Untuk bekerja di bidang ini, umumnya akan dicari mereka yang lulus S1. Diprediksi jika profesi dalam industri tersebut bakal berkembang sebanyak 11%. ***