PEKANBARU – Meski sempat diundur selama beberapa jam, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Riau akhirnya berhasil dilaksanakan, dan diputuskan rapat paripurna susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan digelar pada rabu mendatang.

Rapat Banmus ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Riau, Yulisman, didampingi Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto dan dihadiri sejumlah Anggota Banmus, Senin (9/5/2022).

Sebagai informasi, rapat ini semula dijadwalkan pagi jam 10, kemudian diundur jam 2 siang, dan baru bisa dilaksanakan pada ba'da ashar, pasca pimpinan fraksi dan pimpinan DPRD Riau membuat kesepakatan.

Tak butuh waktu lama, rapat ini hanya berjalan selama 15 menit dan salah satu agendanya adalah rapat paripurna pada hari rabu, tiga agenda lainnya ialah pengesahan Perda Bank Riau Kepri (BRK) Syariah, dan Rekomendasi Pansus LKPJ, dan penambahan waktu untuk beberapa Pansus.

"Prpanjangan masa kerja Pansus itu, karena masa kerja pansus itu 6 bulan, tapi dalam berjalannya itu kanĀ  ada waktu reses, jadi ada waktu yang hilang, maka kita perpanjang. Insya Allah paripurna hari Rabu," kata Yulisman.

Yulisman menegaskan, saat ini semua fraksi sudah satu suara dalam penyusunan AKD masa kerja 2,5 tahun kedepan. Sehingga, lobi-lobi politik terkait AKD akan berakhir pada rabu itu.

Disinggung mengenai sudah tuntasnya lobi-lobi politik untuk rotasi alat kelengkapan dewan, Yulisman membenarkan hal tersebut.

"Ya, kalau lembaga politik itu kan harus selesai, tak ada yang tak selesai. Semua proses politik harus berjalan. Sudah fix paripurna hari Rabu, sudah di-Banmuskan," pungkasnya. ***