SIAK SRI INDRAPURA - Istana Siak Sri Inderapura yang sempat tutup, Kamis (14/11/2019) kini sudah dibuka seperti biasanya sesuai jadwal kunjung yang sudah diatur oleh Dinas Pariwisata. Bahkan Sekda Siak H Tengku Said Hamzah pastikan Istana Asserayah Hasyimiah itu dibuka kembali seperti biasanya.

"Hari ini Istana Siak dibuka kembali seperti biasanya. Wisatawan bisa berkunjung dan masuk ke dalam Istana Matahari Timur itu. Banyak peninggalan bersejarah di dalam kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889," kata H Tengku Said Hamzah, Jumat (15/11/2019) kepada GoRiau.com.

Pantauan GoRiau.com, sejak pagi ahli waris Sultan Siak Tengku Syarifah Adira bersama kerabatnya sudah berada di Istana Siak dan menutup pintu masuk Istana yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim dan melarang ada wisatawan yang ingin masuk ke Istana.

Namun, dalam waktu yang bersamaan, Kapolsek Siak bersama personilnya juga tiba di Istana Siak untuk mengingatkan ahli waris dapat menjaga keamanan dan kenyamanan di Istana peninggalan Kesultanan Siak Sri Inderapura yang selesai dibangun pada tahun 1893.

"Setelah kita dialog tadi, akhirnya pintu pagar masuk ini dibuka. Aktivitas dapat berjalan kembali seperti biasa. Selanjutnya kami harapkan kerjasama dengan pihak pemerintah Kabupaten Siak untuk berdialog dengan pihak ahli waris ini," kata Kapolsek Siak, Kompol Marto Harahap.

Selain aparat kepolisian, tampak juga personil Satpol PP Kabupaten Siak bersiaga di sekitar Istana Siak. Dan memastikan ahli waris tidak mengganggu aktivitas di lingkungan Istana Siak.

Terkait apa yang menjadi tuntutan ahli waris kepada Pemkab Siak, Sekda Siak Tengku Said Hamzah belum mau memberikan tanggapan. Sekda hanya berharap wisatawan tidak terpengaruh dengan kabar miring yang beredar tentang Istana Siak dan ahli warisnya. ***