SIAK - Tim panahan Riau mengikuti Kejurnas Panahan Tahun 2018 di Jakarta, yang berlangsung tanggal 01-07 Desember 2018 di Lapangan Panahan Senayan Jakarta.

Walaupun sebelumnya sempat diliputi kekhawatiran tim panahan Riau tidak jadi berangkat mengikuti Kejurnas Panahan ini, akhirnya kontingen Riau bisa berangkat dengan membawa 13 atlet dan 4 official.

Riau memperoleh satu medali perak pada Kejurnas kali ini. Medali perak sukses diraih oleh M. Imanda Imawan di babak Kualifikasi nomor Nasional Putra Jarak 40 M.

Perpani Riau menurunkan 14 atlet di Kejurnas yang diikuti oleh 28 Propinsi se Indonesia ini. Di nomor compound putra, Riau menurunkan Dicky Hanafi, Dedi Susanto dan Younggi Raufanto. Dinomor Compound putri, ada Annisa Rahmadenis.

Dinomor recurve putra, ada Deni Andrian, Muhammad Fasha dan Fahrul Rizal. Recurve Putri ada Puspa Ranti.

Di nomor nasional putra ada M. Afdi, M. Fadhil, M. Imanda Imawan dan Dimas Nur Agusti. Sementara Nasional putri ada Lili Juwita.

Meski meraih 1 perak, Riau merupakan Provinsi peraih medali terbanyak kedua, jika dibandingkan dengan Provinsi yang ada di Sumatera. Posisi pertama diraih oleh Jambi yang memperoleh 1 perak dan 2 Perunggu.

Perolehan medali didominasi oleh Provinsi di pulau Jawa yang pembinaan dan persiapan mereka jauh lebih baik. Provinsi dengan capaian medali terbanyak adalah D.I Yogyakarta, diikuti Jatim dan DKI.

Sekum Perpani Riau, Isnorijal mengatakan bahwa dengan hasil yang dicapai saat ini, Perpani Riau akan berbenah dan memperbaiki kelemahan yang dimiliki, khususnya menghadapi Pra PON tahun depan.

"Kita menyadari bahwa persiapan kita masih kurang, termasuk jam terbang atlet kita yang sangat kurang. Sehingga ke depan kita akan mengupayakan menambah jam terbang atlet dengan mengikuti event-event kejuaraan panahan, selain itu kita juga berupaya untuk peremajaan peralatan panahan kita,"pungkasnya.***