SELATPANJANG – Gema takbir dalam rangka menyemarakkan perayaan Idul Fitri 1443 H, hingga ke pelosok desa di Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Dari pantauan GoRiau.com, Senin (2/5/2022) di Masjid Istiqomah, Desa Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau, menjelang pelaksanaan Salat Idul Fitri suara takbir sudah menggema sejak dini hari.

GoRiau Khatib saat menyampaikan kutba
Khatib saat menyampaikan kutbah Salat Idul Idul Fitri 1443 H, pada Senin (2/5/2022).

Sebelum melaksanakan Salat Idul Fitri di masjid, masyarakat setempat juga melaksanakan tradisi berkunjung ke rumah sanak saudara (yang tua mengunjungi yang muda).

Selanjutnya, pelaksanaan Salat Idul Fitri dilaksanakan sekitar pukul 07.40 WIB, dengan petugas selaku Imam, Ahmad, Khatib, Tarmizi dan Bilal, Yunus.

GoRiau Jamaah saat mendengarkan kutba
Jamaah saat mendengarkan kutbah Salat Idul Fitri 1443 H, pada Senin (2/5/2023).

Tarmizi selaku Khatib dalam khutbahnya menyampaikan beberapa point penting dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Mari kita bertakwa kepada Allah SWT dengan mengerjakan perintahnya dan meninggal larangannya," ajaknya.

Di hari yang mulia ini, Khatib juga mengingatkan kepada jamaah untuk mendatangi dan meminta ampun kepada orang tua yang masih ada, namun tetap dengan mendoakan bagi yang telah tiada.

Khatib juga mengingatkan meski bulan Ramadan telah berlalu namun jangan sampai menyurutkan semangat beribadah karena beribadah tidak hanya di bulan Ramadan saja.

"Orang yang takut kepada Allah adalah orang yang menjalankan perintah Allah SWT dan meninggalkan larangannya," ingatnya.

Usai melaksanakan Salat Idul Fitri, jamaah juga melaksanakan ziarah kubur secara bersama. Kemudian untuk besok harinya tepatnya pada hari raya kedua akan dilaksanakan baraan atau kunjungan rumah ke rumah dengan pembacaan doa bersama.***