DURI – Setelah dua tahun tak melaksanakan Salat Idul Fitri di lapangan, Jemaah Masjid Ihsan Duri kembali melaksanakan di Kompleks SDS 076 Muhammadiyah Duri, Senin (2/5/2022).

Sebagai informasi, Masjid Ihsan Duri biasanya menggelar Salat Ied di Lapangan SDS 076 Muhammadiyah yang berada tepat disamping masjid. Namun, sejak larangan Salat Ied di lapangan, pengurus masjid memutuskan menggelar Salat di masjid saja.

Masjid Ihsan merupakan salah satu masjid tertua di Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis. Masjid ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, posisinya sangat strategis di keramaian, yakni di sekitar Pasar Mandau Raya.

GoRiau Masjid Ihsan sekarang.
Masjid Ihsan sekarang.
Duri sendiri merupakan kota kecamatan yang merupakan bagian dari Kabupaten Bengkalis. Penduduknya pun terdiri berbagai etnis, dan daerah sekitaran pasar didominasi oleh etnis Minangkabau yang telah menetap sejak tahun 1950an.

Tokoh Masyarakat setempat, Jasli, mengatakan, masjid ini visa dikatakan masjid pertama di Duri, yakni sudah ada pada tahun 1963, dan sempat terbakar ditembak petir.

GoRiau
"Dulu masjid ini cuma bangunan kayu, rumah kayu petak gitu saja, itu hibah dari Almarhum Haji Budua, atau Haji Abdurrahman, dia orang Pariaman," ujar Jasli yang juga Ketua RT 2 ini.

Masjid ini baru dibangun permanen pada tahun 1970an, dan pembangunan terus dilakukan sampai memiliki menara dan dibangun dua lantai. Dan dibawahnya terdapat MDA Ihsan dan juga RA Ihsan.

Sebelum salat, pengurus menyampaikan rencana pembangunan masjid berikut dengan besaran dana kas yang tersisa, dan selanjutnya mengumpulkan dana dari para jemaah.

Dalam kata sambutannya, pengurus masjid menyampaikan bahwa pengurus sempat memindahkan lokasi salat ke masjid karena hujan lebat yang mengguyur Duri sejak tadi malam hingga tengah malam.

"Alhamdulillah, pagi ini kembali cerah, dan kami memohon maaf karena pelaksanaan salat agak terlambat karena tadi pagi air masih menggenang, jadi kita tunggu sampai kering," katanya.

Shalat Ied sendiri baru dilaksanakan diatas pukul 08.00 WIB, dan dilanjutkan dengan khutbah yang diisi Ketua MUI Kecamatan Pinggir, barulah pukul 9 lewat jemaah membubarkan diri untuk kembali ke rumah masing-masing. ***