RENGAT - Operasi Patuh Siak 2017 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia sudah berkhir pada, Senin (22/5/2017). Untuk Sat Lantas Polres Indragiri Hulu, Riau, selama operasi tercatat 647 pelanggar yang telah ditindak.

Hal itu mengalami peningkatan dibanding tahun 2016 lalu yang hanya sebanyak 425 kasus pelanggaran. "Benar, operasi Patuh Siak 2017 sudah berakhir dan ada 647 pelanggar yang sudah kita tindak," kata Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari melalui Kasat Lantas AKP Ricky M Mandey, Selasa (23/5/2017).

Data itu berdasarkan hasil evaluasi Satgas Penegakan Hukum Ops Patuh 2017. Pelanggaran itu didominasi oleh pengendara roda dua, yaitu sebanyak 454 pelanggar. Adapun barang bukti yang disita berupa, 175 unit kendaraan bermotor, 188 lembar SIM dan 284 lembar STNK.

 "Dengan pemberian sanksi ini, diharapkan diikuti dengan terwujudnya disiplin berlalu lintas yang baik oleh masyarakat," tegasnya.

Selain operasi, saat ini Satgas Preemtif Pendukung Ops Patuh 2017 Polres Inhu juga telah mengimbangi pelaksanaan penegakan hukum lalu lintas di jalan raya dengan melakukan berbagai upaya menerapkan disiplin terhadap pengguna jalan.

Upaya itu dilaksanakan melalui kegiatan dengan menggunakan soft therapy, penyampaian himbauan keselamatan lalu lintas kepada individu atau pun basis kelompok masyarakat, jelas Ricky.  

 Selain itu pada tahun ini, pihaknya juga telah membagikan 1.120 lembar brosur dan stiker terkait bahaya laka-lantas dan diiringi dengan kegiatan pembinaan dan penyuluhan masyarakat seperti Police Go School dan Campus, safety riding dan program nasional keselamatan.

 Diungkapkannya, peran sentral tugas pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli di setiap titik yang tinggi angka pelanggaran lalu lintas (trouble spot) dan lokasi yang rawan kecelakaan lalu lintas (blackspot) oleh Satgas juga mengakhiri volume kegiatan Ops Patuh 2017.

"Kegiatan itu telah dilakukan sebanyak 741 kali. Pelaksanaan ini, meningkat dari tahun 2016 yang hanya dilaksanakan sebanyak 507 kali," terangnya.

 Dengan pelaksanaan operasi patuh 2017 ini dan dengan datangnya Bulan Ramadhan, hendaknya dapat menjadi motivasi kita untuk menularkan kepada setiap pengguna jalan yang dimulai dari diri dan keluarga sendiri untuk bersama-sama menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan raya, pungkasnya.(Jef)