PADANG - Selama mudik Lebaran 1440 Hijriah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II bakal menggelar operasi pelayanan Kereta Api (KA) di Sumatra Barat (Sumbar). Peningkatan layanan ini akan berlangsung mulai H-10 hinggal 10 hari usai Idul Fitri.

Dikutip dari Langgam.id, Kepala PT KAI Divre II Fredi Firmansyah mengatakan, pihaknya akan membuka posko angkutan lebaran tanggal 26 Mei hingga 16 Juni 2019. "Ini tak lebih untuk memberikan rasa aman kepada penumpang selama mudik lebaran," kata Fredi di Padang, Kamis (23/5/2019).

Peningkatan layanan penumpang hanya dengan menambah rangkaian dan tidak menambah jumlah KA. Dimana, KA Sibinuang tujuan Padang-Naras ditambah masing-masing 1 rangkaian kereta. Hal ini tak lain untuk menampung lonjakan penumpang selama mudik.

KA Sibinuang 1, berkapasitas 488 tempat duduk. Lalu, 50 persen lainnya untuk penumpang berdiri. Sedangkan Sinuang 2, memiliki 446 tempat duduk, ditambah 50 persen untuk penumpang berdiri. "Itu muatan penumpang untuk sekali jalan," katanya.

Sedangkan KA Minangkabau Ekspres tujuan Padang - BIM dapat mengangkut 393 penumpang sekali jalan. KA yang diresmikan Presiden Joko Widodo itu berkapasitas 200 tempat duduk dan 193 untuk penumpang berdiri.

Lalu, KA Lembah Anai tujuan Kayutanam-BIM memiliki kapasitas angkut untuk 117 penumpang dengan 78 tempat duduk dan 39 tanpa tempat duduk.

Menurut Fredi, jumlah tempat duduk KA rata-rata naik 8 persen dibandingkan tahun 2018 lalu. Sebab, dulunya yang beroperasi bari 10 KA, sedangkan tahun ini 12 KA.

"Kenaikan penumpang kami prediksi mencapai 5 persen. Selain tenaga keamanan internal, kami juga tambah pengamanan dibantu TNI dan Polri," katanya. ***