PEKANBARU - Wisuda VII Program Diploma IV Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau dan Wisuda XIX Program Diploma III Akademi Pariwisata Engku Puteri Hamidah (APEPH) digelar di Hotel Arya Duta, Pekanbaru, Selasa (23/5/2017).

Jumlah lulusan yang diwisuda 46 orang, dengan rincian: 26 orang dari Program Studi Hotel Management STP Riau, 17 dari Program Studi Travel Management STP Riau dan 3 orang dari Program Studi Perhotelan APEPH.

Dari 46 lulusan yang diwisuda, 8 di antaranya mendapat predikat kelulusan cum laude (memperoleh indeks prestasi kumulatif/IPK di atas 3,5). Pemuncak pada wisuda kali ini disabet Putri Ani Margaretha dari Program Studi Travel Management, dengan IPK 3,84.

Ketua STP Riau Prof Drs H Suwardi MS, dalam sambutannya mengatakan alumnus STP Riau dan APEPH telah tersebar pada industri pariwisata di Riau dan berbagai daerah di Indonesia.

Suwardi mengharapkan perhatian serius dari semua pihak, khususnya di Riau, agar lulusan STP Riau dan APEPH dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. ''Karena menjadi tanggung jawab mereka (alumnus STP Riau dan APEPH, red) untuk memajukan dunia pariwisata di provinsi yang sama-sama kita cintai ini,'' kata Suwardi.

Kepada para wisudawan yang telah berhak menyandang gelar akademik Sarjana Terapan Pariwisata dan Ahli Madya Kepariwisataan, Suwardi atas nama seluruh tenaga pengajar dan administrasi serta seluruh karyawan, mengucapkan selamat dan turut berbahagia. ''Semoga Allah SWT menambahkan anugerah kepada mereka sesuai dengan tanggung jawab yang dilaksanakannya. Amin,'' doanya.

Pada kesempatan itu Suwardi juga menyampaikan perkembangan STP Riau dan APEPH. Disebutkannya, dua program studi di STP Riau dan satu program studi di APEPH telah terakreditasi oleh Bandan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Satu program studi, yakni Program Studi Hotel Management mendapatkan akreditasi B.

''Saat ini kami juga sedang mempersiapkan akreditasi institusi perrguruan tinggi dan insya Allah borangnya akan diserahkan ke BAN-PT pada akhir bulan ini,'' ujarnya.

Ditambahkan Suwardi, setiap tahun mahasiswa STP Riau dan APEPH memperoleh alokasi beasiswa dari Kopertis Wilayah X, yakni beasiswa untuk Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA). Mulai Tahun Akademik 2013/2014 hingga 2017/2018 STP Riau juga mendapatkan kuota Beasiswa Bidikmisi, khusus Program Studi Hotel Management dan pada tahun 2017 ini mahasiswa STP juga akan mendapatkan bantuan sosial biaya pendidikan dari Pemerintah Provinsi Riau.

''Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Riau dan Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X yang telah banyak membantu,'' sambungnya.

Hadir pada acara tersebut Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal, Kabag Umum Kopertis Wilayah X Yandri, Konsul Malaysia, Ketua DPD Asita Riau, Ketua DPD PHRI Riau dan lain-lain.***  Â