SELATPANJANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepuauan Meranti, Yulian Norwis SE MM meminta agar pendistribusian Rastra tepat sasaran.

Hal itu diungkapkan Yulian Norwis pada kegiatan Rakor dan Sosialisasi Penditribusian Pangan Rastra ke Rumah Tangga Sasaran oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3KB) Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Gedung Afifa, Jalan Banglas, Selatpanjang, Senin (25/2/2019).

Kegiatan dibuka langsung oleh Sekda Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, dan dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kepulauan Meranti, Camat, serta perwakilan Kades se Meranti.

Kegiatan juga dihadiri oleh narasumber dari Dinsos Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabid Fakir Miskin, Hermansyah dan Kepala Bulog Bengkalis.

Sekda Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk persiapan agar pendistribusian Rastra bisa dilakukan tepat sasaran.

"Ini salah satu evaluasi kita bahwa kita harus berbenah diri untuk menyalurkan atau mendistribusikan sesuai sasaran yang kita tetapkan," ujar Yulian.

Yulian menegaskan agar sasaran untuk bantuan rastra ini memang benar-benar sampai kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Dan tidak boleh lagi yang namanya pemerataan, saya minta kepala desa kita pegang itu semua, kalau ada ganda (penerima bantuan) tolong segera dilaporkan kepada dinas sosial," ujarnya.

Ditambah Yulian, mulai tahun 2019 ini semua penyaluran bantuan sosial dilimpahkan melalui dinas sosial, dimana sebelumnya bansos disalurkan melalui bagian keuangan Setdakab Kepulauan Meranti.

Selain itu Yulian juga menegaskan agar rumah tangga penerima bantuan tersebut memang betul-betul terdaftar sebagai warga.

"Perlu kami sampaikan bahwa kedepan berdasarkan ketentuan, rumah tangga sasaran itu terdaftar di disdukcapil, itu yang harus kita pegang semuanya," pungkasnya.

Yulian juga menyampaikan bahwa penyaluran bantuan ini merupakan program nasional, sehingga dirinya menegaskan bahwa ini tidak ada sangkut pautnya terhadap politik menjelang pemilu mendatang.

"Saya berharap pelaksanaan ini sudah clear bulan Maret, supaya tidak ada lagi asumsi bahwa ini mau pileg, mau Pilpres. ini kegiatan murni untuk pemberian bantuan," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinsos P3KB Misri Hasanto mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah mendata penerima Rastra di Kepulauan Meranti calon dan tepat sasaran.

"Ini dilaksanakan dengan tujuan agar data yang menerima tepat sesuai aturan penerima (bantuan)," kata Misri.

Untuk diketahui, adapun jumlah peserta rakor sebanyak 72 orang terdiri dari tim Rastra Kecamatan 9 orang, seluruh perwakilan desa masing-masing 2 orang, Satgas Rastra Polres Kepulauan Meranti, dan unsur kepala OPD terkait lainnya. ***