JAKARTA - Mantan Kepala Dinas Pariwisata yang baru sekitar dua bulan dilantik menjadi Asdep Pemasaran di Kementerian Pariwisata, Fahmizal Usman, pada hari Jumat (13/12/2019) sekitar pukul 12.00 WIB, meninggal dunia di Bandung, Jawa Barat.

Maninggalnya Fahmizal Usman, membuat pejabat, keluarga teman dan mantan pegawainya di Riau shock dan kaget. Karena Fahmizal Usman tergolong masih muda dan sedang melaksanakan tugasnya dalam salah satu iven di Bandung.

Kabar duka tersebut tidak hanya membuat sedih keluarga dan kerabat, tapi juga di kalangan pejabat Pemprov Riau dan sejumlah wartawan. Pasalnya, Fahmizal selama menjabat Kabid Humas Pemprov Riau hingga Kadispar Riau, memang dikenal selalu dekat dan berteman dengan para jurnalis.

Adit, salah satu jurnalis di Riau, bahkan sempat menerima pesan Whatsapp, saat Ia pamit mengejar kariernya di Kementerian Pariwisata. "Maafkan Fahmi ya bang, selama bergaul, mungkin membuat abang tak enak, semua semata karena Fahmi merasa dekat dengan abang. Sekarang Fahmi udah pindah di Jakarta, berusaha keluar dari kondisi yang tidak kondusif. Mohon doanya ya," tulis Fahmi.

"Pesan ini jadi pesan terakhir beliau ke saya, dan sepertinya hari ini beliau pamit beneran untuk selama-lamanya," ujar Adit.

Hal yang sama juga diceritakan jurnalis GoNews Group (GoNews.co, GoRiau.com, GoSumbar.com, GoSumut.com dan GoAceh.co), Muslikhin Effendy.

Muslikhin bercerita, komunikasi terakhir dengan Fahmizal Usman pada hari Minggu (8/12/2019) yang lalu. Saat itu, Fahmizal berkirim pesan Whatsapp, mengajak diskusi dan ngopi bareng di Jakarta.

"Beliau minta ketemu, ngajak diskusi dan ngopi di Jakarta. Saat itu dia Pak Fahmi sedang di Bandara menuju Kota Pontianak Kalbar," ujarnya.

"Nanti saya pulang dari Pontianak, sebelum ke Bandung ngopi dulu sambil berdiskusi ya bro," ujar Muslikhin menirukan pesan Fahmizal.

Namun sepulangnya Fahmizal dari Kalbar hingga berangkat ke Bandung, Muslikhin belum sempat menghubungi ulang. "Jadi beberapa hari ini saya sedikit kurang fit sepulang dari kegiatan di Malang Jawa Timur, saya berfikir ya sudahlah nanti habis beliau dari Bandung saya telepon. Tapi Allah berkata lain, hari ini beliau meninggalkan kita, semoga khusnul Khotimah," tandasnya.

Dari informasi yang diperoleh GoNews.co, Fahmizal Usman yang baru beberapa minggu lalu dilantik sebagai Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata itu, meninggal dunia di RS Boromeus Bandung, Jawa Barat sekitar pukul 12.00 WIB.

"Iya benar mas, Pak Fahmizal Usman meninggal terjatuh di kamar mandi usai olahraha sepeda," ujar Boby, salah satu Driver pribadi Fahmizal Usman saat dihubungi Jumat siang.

Informasi serupa juga diungkapkan mantan ajudan Fahmizal di Dispar Riau. "Barusan kami dapat info kalau beliau meninggal dari Pak Nurdiansyah (Kasi Wilayah Malaysia Staf Pak Fahmizal di Kemenparekraf)," ujarnya.***