SELATPANJANG - Sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekah, Jamah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kepulauan Meranti harus melalui berbagai tahapan, salahsatunya dengan melakukan Vaksinasi.

Dari pantauan GoRiau.com, Sabtu (6/4/2019), sebanyak 26 JCH Kepulauan Meranti dengan 2 orang dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) melakukan vaksinasi di Puskesmas Selatpanjang, Jalan Kesehatan, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

"Untuk hari ini vaksinasi JCH ada dua lokasi yakni di Puskesmas Selatpanjang dengan 26 JCH dan Puskesmas Sungai Tohor ada 5 JCH, sementara JCH lainnya juga sudah melakukan vaksinasi di Puskesmas wilayahnya," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kepulauan Meranti , H Hasbullah.

Dijelaskan Hasbullah, adapun jadwal Vaksinasi berdasarkan wilayah kerja Puskesmas 2019, diantaranya, UPT Puskesmas Bandul berjumlah 4 JCH dilaksanakan pada 4 April bertempat di UPT Puskesmas Teluk Belitung dengan waktu 09.00 WIB s/d selesai.

Kemudian UPT Puskesmas Teluk Belitung berjumlah 4 JCH dijadwalkan pada 4 April bertempat di UPT Puskesmas Teluk Belitung dengan waktu pukul 09.00 WIB s/d selesai. UPT Puskesmas Tanjung Samak 9 JCH pada 5 April bertempat di UPT Puskesmas Tanjungsamak dengan waktu pukul 08.30 WIB s/d selesai.

Selanjutnya, UPT Puskesmas Kedaburapat berjumlah 2 JCH pada 6 April bertempat di UPT Puskesmas Anak Setatah dengan waktu pukul 08.00 WIB s/d selesai. UPT Puskesmas Anak Setatah dengan jumlah 4 JCH pada 6 April bertempat di UPT Puskesmas Anak Setatah dengan waktu pukul 08.00 WIB s/d selesai.

Untuk UPT Puskesmas Pulau Merbau, berjumlah 2 JCH pada 2 April bertempat di UPT Puskesmas Pulau Merbau dengan waktu pukul 08.00 WIB s/d selesai. Kemudian UPT Puskesmas Selatpanjang berjumlah 26 JCH dijadwalkan pada 6 April bertempat di UPT Puskesmas Selatpanjang dengan waktu pukul 08.00 WIB s/d selesai.

Kemudian, UPT Puskesmas Alahair berjumlah 7 JCH 7 dijadwalkan 6 April bertempat di UPT Puskesmas Alahair dengan waktu 10.00 WIB s/d selesai dan

"Jadi yang belum lagi tinggal UPT Puskesmas Alai berjumlah 14 JCH yang akan dikaksanakan pada 20 April, bertempat UPT Puskesmas Alai dengan waktu sekitar pukul 08.00 hingga selesai," jelasnya.

Ditambahkan Hasbullah,Vaksinasi Meninitis dan Influenza ini segera selesai dilaksanakan. Kemudian pada Senin 8 April mendatang para JCH akan melakukan Biometrik di Pekanbaru.

"Selanjutnya para JCH akan melakukan Biometrik di Pekanbaru. Biometrik itu sendiri dengan rekam medik, sidik jari, rekam retina mata dan foto online dan dibutuhkan sebagai syararat pembuatan visa," ujarnya.

Disamping itu, kepada JCH Hasbullah juga mengimbau agar menjaga kesehatan dan menuntaskan semua persoalan di wilayahnya masing-masing serta memperkuatkan silaturahmi sebelum berangkat ke tanah suci nantinya.

"Tuntaskan semua persoalan yang ada agar kita bisa menajalani ibadah haji dengan tenang di tanah suci nantinya," ingatnya.***STR