SIAK SRI INDRAPURA - Arus deras Sungai Siak akan menjadi tantangan terberat bagi 45 peserta Siak Serindit Internasional Boat III yang akan diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Siak 14 hingga 17 November 2019 mendatang.

Siak Internasional Serindit Boat Race atau Dragon Boat Siak ini merupakan agenda tahunan Pemkab Siak dalam mempromosikan seluruh Pariwisata di Kabupaten Siak dengan target khusus jumlah wisatawan terus meningkat datang ke Siak.

Iven sport tourism yang diikuti 45 tim terdiri dari 6 tim Luar Negeri, kemudian luar Provinsi ada 11 tim, dalam provinsi ada 17 tim, lokal ada 11 tim. Tim dari luar negeri itu dari Johor Malaysia, Sabak, Brunei Darussalam.

"Untuk dalam negeri daerah yang mengikut dari Jambi, Pasaman Barat, Agam, Bekasi, Pelalawan, CO Armada 1 dari Jakarta, dan tim dari Tangerang," kata Fauzi Asni didamping Kadis Infokom Siak Arfan Usman, Kabag Humas dan Protokol Siak saat bincang santai bersama awak media di Lantai Dua Resto kota Siak, Kamis, (31/10/2019).

Setelah sukses menyelengarakan tahun pertama dan kedua Dragon Boat Siak, menurut peserta yang berlomba ada yang menarik balapan sampan di sungai Siak, selain sungainya dalam juga memiliki arus pasang surut yang cukup deras, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi setiap tim.

"Serindit Boat Race di Sungai Siak dari pengalaman dua tahun terhakir, sejumlah peserta menceritakan pengalaman kepada panitia ada tantangan tersendiri berlaga di Sungai Siak, selain pasang surut dan juga arusnya cukup deras, dibutuhkan strategi khusus masing-masing tim untuk memenangkan lomba," katanya.

Internasional Serindit Boat Race tahun ini juga sudah masuk ke dalam kalender PB PODSI (Persatuan olahraga dayung seluruh indonesia) termasuk event besar yang diadakan secara reguler. Pada Iven ini juga panitia menyiapkan hadiah bagi para pemenang dengan nilai keseluruhan berjumlah Rp 178 juta.

"Pelaksanaan Internasional Serindit Boat race ke tiga tahun ini, sudah masuk sebagai Iven tetap di kalender pariwisata BP PODSI karena dianggap sebagai penyelenggara yang disiplin dan memenuhi standar keselamatan,"terangnya. ***