PEKANBARU - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) juga menyumbang sapi kurban untuk Provinsi Riau. Tahun ini, sapi kurban dari Presiden Jokowi tersebut seberat 720 kilogram seharga Rp50 juta.

"Kita mendapat satu ekor sapi jenis Limosin seberat 720 kilogram dari presiden untuk hari raya Idul Adha tahun ini. Kemarin, Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan yang mengarahkan tim Sekretariat Presiden ke perternakannya langsung," kata Kepala Biro Administrasi Umum Setdaprov Riau, Aryadi di Pekanbaru, Jumat (19/7/2019).

Ia menjelaskan bahwa dari sana awalnya yang diminta jenis sapi PO Ongole pembibitan dalam negeri. Namun di Riau tidak ada karena pembibitan dalam negeri yang ada hanya sapi jenis Limosin.

Saat ini, lanjut Aryadi, sapi tersebut juga sudah dicek kesehatan oleh Kementerian Pertanian melalui tim Dirjen Kesehatan Hewan yang berada di Bukit Tinggi, Provinsi Sumatera Barat.

"Sesuai yang diminta memang berat maksimal satu ton, tapi yang ada di Riau beratnya 720 Kg. Dan yang itu memenuhi syarat. Sudah dicek kesehatannya juga, tidak ada masalah," terangnya.

Nantinya, pemotongan sapi kurban itu akan dilakukan di Masjid Raya Annur Provinsi Riau pada tanggal 10 Dzul-Hijjah atau 11 Agustus 2019 Masehi. ***