BAGANSIAPIAPI - Sambut bulan suci Ramadhan 1439 hijriyah, seluruh organisasi keagamaan serta pelajar di Rokan Hilir menyambut dengan menggelar Pawai Taaruf dihalaman kantor Bupati Rokan Hilir. Mereka berjalan kaki dan  berkeliling di seputaran Jalan Perwira melewati jalan Pahlawan pada hari Kamis (10/5/2018) sore. 

Pawai ini merupakan wujud antusias masyarakat jelang datangnya bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari. Pawai Taaruf yang diikuti oleh siswa-siswi sekolah dasar hingga menengah,  turut menampilkan atraksi marching band dan juga mengikut sertakan persembahan grup rebana dari ibu ibu pengajian  yang berasal dari mesjid serta mushalla yang ada di seputaran kota Bagansiapiapi. 

Kekompakan peserta pawai ditandai dengan pakaian seragam serta nada irama rebana bernuansa Islami. Tingginya antusias warga dalam menyambut pawai taaruf ditandai dengan memadatnya penonton disepanjang jalan yang dilalui peserta pawai taaruf  yang baru pertama kali diadakan di Bagansiapiapi. 

Semula  warga sempat bertanya tanya acara pawai apa yang berlangsung sore hari karena sebelumnya belum ada pengumuman resmi. Namun setelah membaca spanduk yang ditenteng pelajar, baru mereka mengetahui bahwa perhelatan pawai tersebut adalah untuk menyambut bulan suci Ramadhan. 

Salah satu peserta pawai, Arif mengaku bahwa mereka sejak pagi sudah berada dihalaman BPKAD kantor Bupati untuk mengikuti pawai Taaruf. Dengan teman temannya sesama Ponpes, sebelum berjalan mengikuti pawai, mereka mendapat pengarahan dari Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Rokan Hilir. 

Ads
Selama prosesi jalannya pawai taaruf, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Rokan Hilir, ikut memberikan sumbangan snack dan minuman kepada para peserta. Menurut ketua ICMI Rokan Hilir, dr Suratmin, pawai taaruf ini bertepatan dengan hari libur sekolah dan momentum untuk mempertebal kadar keimanan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. 

" Saya berharap umat Islam dapat mengambil momentum ini untuk memperbanyak ibadah dan meningkatkan amalan sunnah selama bulan Ramadhan," katanya. ***