PADANG - Ahad (26/1/2020), sekitar 06.24 WIB, pesawat Citilink yang membawa 150 wisatawan asal Kota Kunming, Provinsi Yunnan, China, mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Dikutip dari kompas.com, kedatangan 150 turis asal negeri Tirai Bambu itu disambut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Penyambutan dilakukan Irwan setelah 150 turis itu melewati pemeriksaan suhu tubuh.

''Kami ucapkan selamat datang di Sumatera Barat. Selamat menikmati pesona alam, semoga anda senang dan terhibur selama berada disini," kata Irwan Prayitno saat dikonfirmasi kompas.com, Ahad.

Menurut Irwan, dari hasil pemeriksaan suhu tubuh, seluruh turis asal China itu dinyatakan dalam kondisi sehat.

Kedatangan para turis ini juga sudah dijadwalkan sebelum merebaknya virus corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei. Saat ini virus corona sudah menjadi teror menakutkan bagi masyarakat di dunia.

Rencananya 150 turis asal Kunming ini akan melawat ke sejumlah destinasi wisata di Sumatera Barat selama lima hari.  

Mereka akan mengunjungi daerah Pariaman, Bukittinggi, Tanah Datar, Padang dan Kawasan Mandeh di Pesisir Selatan.

''Kehadiran turis ini diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Sumbar,'' kata Irwan.

Meski demikian, Irwan menyatakan, Sumatera Barat sudah meningkatkan kesiagaan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

''Saat ini di BIM sudah ada thermo scanner sebagai alat pemindai suhu tubuh untuk mendeteksi virus corona,'' jelas Irwan.***