PEKANBARU - Jalan lintas Manggala Jhonson-Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang telah lama rusak, akhirnya sudah mulai diperbaiki.

Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi V DPRD Riau, Husaimi Hamidi. Ia mengatakan, jalan sepanjang 20 km yang rusak tersebut mendapat dana perawatan sebesar Rp27 miliar dari APBD 2019. 

"Alhamdulillah berkat keseriusan kita semua  jalan provinsi ini dapat kucuran dana APBD sebesar Rp17 miliar dan tambahan dari dana alokasi khusus (DAK) Rp10 miliar. Jadi totalnya sebanyak Rp27 miliar untuk perawatan," jelas Husaimi kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (13/2/2019).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berharap, dengan diperbaikinya jalan lintas ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Ads
"Ibaratnya, sudahlah harga sawit lagi turun ditambah pula jalan rusak, kan tambah anjlok. Makanya dengan perbaikan jalan ini kita harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sana," tuturnya.

Legislator asal Rohil ini juga mengimbau, agar Dinas Perhubungan setempat memerhatikan muatan truk pengangkut minyak mentah sawit (CPO) yang melintas. Sebab, berdasarkan informasi yang diterimanya, truk tersebutlah yang berkontribusi besar merusak jalan.

"Truk CPO itu yang sering merusak jalan. Makanya muatan mereka harus benar-benar diawasi. Apalagi banyak yang bukan truk dari Riau, pajaknya dibayar ke daerah lain tapi ruginya ke kita," tegasnya.  ***