LINGGA – Kementerian Perhubungan akan mengalihkan lintasan KMP Senangin yang sebelumnya melayani rute Batam-Jagoh-Kuala Tungkal ke rute Air Pulih-Sei Selari di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Alih lintasan ini dilakukan lantaran ASDP, pengelola kapal Roro, mengalami kerugian hingga Rp 3,5 miliar selama tiga tahun.

Raja Firdiansyah, Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga mengungkapkan, "Kami mendapatkan surat dari ASDP tanggal 13 Maret 2023. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pihak ASDP mengalami kerugian atas rute Batam-Jagoh-Kuala Tungkal. Untuk menutupi kerugian tersebut, ASDP memberikan dua opsi yakni penyesuaian harga dan subsidi dari pemerintah daerah."

Namun, Pemkab Lingga tidak dapat memenuhi permintaan subsidi ASDP karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. Oleh karena itu, Dishub Lingga telah menyurati Dishub Provinsi Kepri untuk berkoordinasi terkait permintaan tersebut.

Menurut Raja Firdiansyah, rute Roro Batam-Jagoh-Kuala Tungkal merupakan rute vital yang harus tetap ada, karena pada rute ini distribusi barang kebutuhan pokok masuk ke Lingga. Ia berharap koordinasi bersama Pemprov Kepri akan menemukan solusi agar rute kapal Roro Batam-Jagoh-Kuala Tungkal tetap berjalan. "Tentunya hal ini menjadi prioritas Dishub Lingga untuk segera diselesaikan," imbuhnya.

Dengan pengalihan rute KMP Senangin ke Kabupaten Bengkalis, diharapkan kerugian yang dialami ASDP dapat diminimalisir, dan pelayanan transportasi barang kebutuhan pokok ke Lingga tetap terjaga. ***