DUMAI, GORIAU.COM - Dalam rangka menyambut HUT Satpam ke-33, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai bersama Kepolisian Sektor (Polsek) Dumai Timur menggelar sejumlah perlombaan satpam diantaranya lomba PBB dan senam borgol yang diikuti oleh 3 regu Satpam RSUD yang sudah diberikan pelatihan oleh Polisi.

Acara yang digelar sejak Sabtu (28/12/2013) kemarin tersebut berlangsung semarak serta terselenggara dengan aman dan tertib berkat tindak lanjut kerja sama antara Kapolsek Dumai Timur dan RSUD.

''Sebelumnya Polsek Dumai Timur menandatangani MoU bersama RSUD terkait pembinaan sistem menagemen pengamanan pada RSUD Dumai," ujar kapolsek Dumai Timur AKP Bayu Wicaksono kepada GoRiau.com Minggu (29/12/2013).

Ditambahkan AKP Bayu, perlombaan ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan keterampilan Satpam yang telah dilatih selama 1 bulan oleh Polsek, Dumai Timur.

"Meningkatkan kualitas Satpam RSUD dan melakukan analisa dan evaluasi terhadap kemampuan satpam dalam tugas-tugasnya merupakan tanggung jawab polsek Dumai Timur saat ini." sebutnya.

Pembinaan yang dilakukan oleh Polsek Dumai Timur, kata mantan Kasat Reskrim Polres DUmai tersebut, merupakan wujud implementasi dari Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 Pasal 3 bahwa Polri dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh pengemban fungsi kepolisian salah satunya adalah Pam Swakarsa dalam hal ini Satpam.

"Oleh karena itu sudah menjadi tugas, kewenangan dan tanggung jawab Polri dalam melakukan pembinaan terhadap Satpam dan setiap elemen pengemban fungsi kepolisian, selain itu juga pembinaan ini didasarkan dengan Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 tentang sistem manajemen pengamanan." ungkapnya.

Kegiatan ini juga merupakan upaya dalam membangun kemitraan antara Polri dengan seluruh elemen masyarakat sehingga diharapkan kedepan meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Polri terutama Polres Dumai dan jajarannya didalam melaksanakan tugas sebagai pemelihara, Kamtibmas, menegakkan hukum serta melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. (egy)