BENGKALIS- Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) kembali menggelar ritual Mandi Safar di Pulau Rupat, 14 November 2017.Kegiatan dipusatkan di Pantai Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Rupat Utara.

Jika tak ada aral melintang, ritual mandi tolak bala akan dibuka secara resmi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Khairani mengungkapkan persiapan jelang hari H sudah 75 persen. Kesiapan ini melibatkan pihak kecamatan sebagai panitia pelaksana. 

"Insya Allah kegiatan Mandi Safar akan dilaksanakan Selasa, 14 November 2017 pukul 09.00 WIB. Akan dibuka langsung Pak Gubernur dan Pak Bupati," ungkapnya.

Perempuan yang akrab disapa Buk Khai ini menjelaskan, ritual Mandi Safar akan dihadiri Gubernur Riau dan Bupati Bengkalis. Gubri dan Bupati juga akan menyiramkan air wafak lengkap dengan tulisan kaligrafi Islami.

"Tujuannya untuk menolak bala atau selamat di bulan safar. Karena kepercayaan warga setempat bulan safar merupakan bulan penuh dengan bala,'' terang Buk Khai. 

Selain Mandi Safar, katanya, akan dilaksanakan berbagai kegiatan kesenian. Seperti salah satu tari Zapin Api.

''Hiburan ini dilaksanakan tanggal 12 malam sebelum hari H,'' pungkas Khairani.*** #BENGKALIS