PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pendidikan memberikan ribuan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, tahfiz Quran dan bidik misi. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa yang belajar di dalam dan luar Provinsi Riau.

Dinas Pendidikan Riau memberikan 2.927 beasiswa untuk mahasiswa Riau, yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution.

Bantuan beasiswa tersebut sebagai bentuk perhatian Pemprov Riau memperhatikan program pendidikan untuk kemajuan suatu daerah ke depannya, dikatakan Edy Nasution.

"Dengan adanya beasiswa ini, bisa meningkatkan sumber daya manusia (sdm) di Riau yang unggul dan berdaya saing, seperti visi dan misi Riau," kata Edy Nasution, Sabtu (14/12/2019).

Mantan Komandan Korem 031/Wirabima ini juga mengatakan, Sudah ada program menggratiskan belajar 12 tahun. Tentunya dengan harapan pada tahun 2020 tidak ada lagi anak yang putus sekolah maupun kuliah.

"Mari kita tingkatkan pendidikan di Riau agar dapat terus berkembang dimasa yang akan datang," ungkap Edy Nasution.

Seperti diketahui, Pemprov Riau sudah menyalurkan beasiswa sejak tahun 2014. Jumlah mahasiswa penerima beasiswa pada perguruan tinggi dalam dan luar provinsi Riau 2.927 orang, dengan total anggaran sebesar Rp29,6 miliar yang dialokasikan di APBD 2019.

Beasiswa tersebut diberikan kepada universitas telah bekerjasama dengan Pemprov Riau, terdiri dari Universitas Riau, Universitas Islam Riau, UIN Suska Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Muhammadiyah Riau, Politeknik Caltex Riau, dan Akademi Kesenian Melayu Riau. ***