PEKANBARU, GORIAU.COM - Secara keseluruhan, Provinsi Riau dinilai sukses sebagai penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2013. Wajar jika Bumi Lancang Kuning menjadi pusat objek pembelajaran bagi beberapa provinsi yang hendak maju menjadi menjadi tuan rumah PON tahun 2020.


Terakhir giliran Pemprov Sumatera Barat yang ingin menyadur ilmu dari Riau dengan mengirimkan KONI Kota Payakumbuh berkunjung ke beberapa tempat dan instansi di Riau akhir pekan lalu. Salah satunya dengan menyambangi KONI Riau sebagai induk cabang seluruh olahraga yang aktif.


Payakumbuh didaulat oleh Pemprov Sumatera Barat sebagai salah satu daerah calon tuan rumah beberapa cabang olahraga pada ekspos persiapan PON XX tahun 2020. Hadir dalam rombongan Sekretaris Umum KONI Kota Payakumbuh Umum Asril Syamsuddin, Kabid Organisasi Ostimardi, Bendahara Siska Damayanti dan sejumlah staf.


"Payakumbuh menjadi salah satu tuan rumah yang diinstruksikan Pemprov Sumatera Barat sebagai ekspos pada PON tahun 2020 mendatang. Kedatangan kami ke Riau tentunya dalam kaji banding serta meminta beberapa saran serta masukan untuk merebut iven empat tahunan mendatang," kata Sekum KONI Payakumbuh, Umar Asril Syamsuddin dalam konsolidasinya ke KONI Riau.


Sebelumnya bukan hanya Sumatera Barat yang telah berkunjung ke Riau guna pembelajaran sebagai calon tuan rumah PON XX tahun 2020. Diantaranya Bali dan Papua. Sementara daerah pesaing Sumatera Barat selain Bali dan Papua, masuk dalam daftar Nangroe Aceh Darussalam, Jawa Tengah dan Sumatera Utara.


Sementara Plt Ketua Umum KONI Riau, Yuherman Yusuf yang menyambut kedatangan rombongan tersebut mengaku siap membantu apa-apa yang dibutuhkan provinsi tetangga tersebut. "Selagi bisa kita bantu, akan kita bantu. Minimal mengenai apa-apa yang perlu dipersiapkan," terang Yuherman.


Selain Yuherman, rombongan KONI Payakumbuh juga disambut Kabid Organisasi KONI Riau, Edwar Sanger, Sekretaris Umum, Darmansyah dan beberapa pengurus lainnya. "Kita mendukung setiap daerah yang ingin berbagi ilmu ke Riau, apalagi dengan tujuan merebut ruan rumah PON 2020," tandas Yuherman.(tri)