PEKANBARU - Sempena Hari Jadi ke-62 Provinsi Riau, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi dan Wakil Gubernur Riau Edy Nasution melaksanakan zikir bersama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Riau, Kamis (8/8/2019) di Masjid Raya An Nur, Pekanbaru.

Sebelum memulai Riau Berzikir, kedua pemimpin Bumi Lancang Kuning tersebut salat subuh berjamaah. Zikir bersama ini dihadiri Wakil Gubernur Riau Edy Nasution, Kapolda Riau, Danrem 031/Wirabima, Kajati Riau, dan sejumlah Forkopimda.

Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, tema hari jadi Riau kali mengusung tema Riau Hijau dan Bermartabat. Meskipun kondisi saat ini sedang berasap akibat karhutla (kebakaran hutan dan lahan), upaya pemadaman sudah dilakukan.

"Saat ini satgas (satuan tugas) gabungan dibeberapa lokasi karhutla sedang berjuang memadamkan api, agar Riau bebas dari asap," kata Syamsuar.

Syamsuar juga mengajak kepada seluruh masyarakat Riau untuk melaksanakan salat meminta hujan (salat istisqa), agar Allah SWT menurunkan hujan di Bumi Lancang Kuning.

"Semoga asap ini tidak menjadi bencana, melainkan cobaan yang sedang kita hadapi. Kejadian asap merupakan pelajaran yang harus terus dibenahi. Agar hal ini tidak terjadi setiap tahunnya," ungkap Syamsuar.

Mantan bupati dua periode ini juga berharap, asap tidak mengganggu kegiatan belajar dan mengajar di Riau. Untuk itu menjadi peran bersama untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, bukan hanya pemerintah dan penegak hukum saja yang giat melakukan soaialisasi.

"Untuk itu dengan zikir bersama, meminta ampunan kepada Allah SWT dan juga meminta agar asap tidak ada lagi di Riau. Juga api tidak ada lagi yang membakar lahan di Riau yang kita cintai ini," jelas Syamsuar. ***