PEKANBARU – Riau kembali dilanda duka. Politisi senior dan mantan Bupati Rohul periode 2001-2006, Ramlan Zas, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad pada Jumat (3/2/2023) pukul 00.30 WIB. Kondisi kesehatannya yang semakin menurun selama beberapa tahun terakhir membuatnya hanya bisa melaksanakan aktifitas di dalam rumah.

Jenazah Ramlan Zas akan dimakamkan di Lubuk Bendahara, Rokan IV Koto, Rokan Hulu. Sebelum meninggal, Ramlan Zas dikenal sebagai Ketua DPD Golkar Riau dan masih menjabat sebagai Dewan Penasehat Partai Golkar Riau.

Ia juga dikenal sebagai sosok tempat bertanya dan mengadu bagi para politisi dan masyarakat. Karena itu, banyak yang menyebut Ramlan sebagai Guru Politik.

Selain aktif di dunia politik, Ramlan Zas juga dikenal sebagai seorang seniman. Ia pernah mengeluarkan sebuah album berjudul "Kala Senja di Rokan Hulu".

Mantan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, merasa kehilangan atas kepergian Ramlan Zas. Ia menyebut Ramlan sebagai sosok panutan. "Beliau itu tokoh Riau yang cukup bagus, kita kehilangan sosok yang dicintai masyarakat dan punya pemikiran luas buat Riau," ujar Andi Rachman.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Riau, Yulisman. Ia mengatakan bahwa Ramlan Zas adalah sosok yang bisa disebut sebagai guru politik dan tempat masyarakat mengadu. "Beliau itu jenius dan punya pemikiran untuk kemajuan Riau, terutama kampung halamannya Rokan Hulu. Ini duka bagi Riau, karena kehilangan sosok penting," ujarnya. ***