TEMBILAHAN – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ( DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau berhasil mengevakuasi buaya di Desa Sungai Ara, Kecamatan Kempas, Kamis (19/05/22).

Bermula dari keresahan warga terkait adanya seekor buaya berukuran cukup besar kerap muncul di sungai.

Mendapat laporan, DPKP Inhil langsung menindak lanjuti dengan menurunkan petugas untuk melakukan proses evakuasi buaya muara tersebut.

"Kita menerjunkan 2 regu Tim Reaksi Cepat (TRC) berjumlah 24 orang, termasuk pengawas dan tim medis," terang Kepala DPKP Inhil, Eddiwan Shasby, kepada GoRiau.com.

Evakuasi buaya muara dibantu oleh aparat desa dan Babinkantibmas. Petugas DPKP Inhil bergerak menyusuri sungai yang ditengarai sebagai lokasi keberadaan buaya.

Proses penangkapan buaya memakan waktu lebih kurang 5 jam dan beberapa kali mengalami kegagalan lantaran buaya yang akan ditangkap berukuran cukup besar. Tim melakukan pencarian hingga malam hari.

"Petugas akhirnya berhasil mengevakuasi buaya muara sepanjang 3 meter dan langsung diamankan di Mako DPKP Inhil di Jalan SKB Tembilahan untuk menunggu koordinasi lebih lanjut dengan BKSDA," terang Eddiwan.***