BENGKALIS, GORIAU.COM - Dalam rangka pengendalian ketertiban dan keamanan desa serta persiapan pengamanan Pilkada serentak 9 Desember mendatang, ratusan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari 12 desa/kelurahan di kecamatan Bengkalis mendapatkan pembinaan dan pelatihan dari Koramil 01 Bengkalis. Acara tersebut dipusatkan di Lapangan Tugu Bengkalis, Senin (28/09/2015).

Camat Bengkalis, Djamaluddin yang membuka pelatihan tersebut dalam sambutannya mengatakan, bahwa pelatihan bagi anggota Linmas sangat penting dan perlu, ditengah semakin kompleknya serta beragamnya persoalan yang ada di masyarakat perdesaan, termasuk juga tantangan yang akan dihadapi, khususnya masalah gangguan keamanan dan ketertiban.

''Tantangan kedepan semakin banyak dan beragam persoalan, terutama yang berkaitan dengan gangguan ketertiban masyarakat menjadi persoalan sendiri. Hal ini harus segera diatasi sedini mungkin. Ini merupakan tugas kita semua termasuk anggota Linmas,'' ujar Djamaluddin.

Dikatakannya, setiap anggota Linmas merupakan ujung tombak terdepan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, anggota Linmas harus selalu siap siaga serta berperan aktif, dalam setiap kegiatan masyarakat sekitar. 

''Linmas memiliki peranan yang strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa. Oleh karena itu untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota Linmas, diharapkan setiap anggota dapat membekali diri dengan kemampuan fisik, dan strategi yang mumpuni,'' harap Camat.

Danramil 01 Bengkalis, Mayor Infantri Irwan dihadapan ratusan Linmas yang hadir mengatakan terkait penyelenggaraan Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis 9 Desember mendatang diperlukan situasi dan kondisi yang aman dan kondusif. Sehingga warga negara yang menggunakan hak suara bisa menyalurkan aspirasi politiknya tanpa ada intimidasi, aman dan tenang.

"Peran anggota Linmas sangat dibutuhkan untuk pengamanan. Semua pihak memiliki tugas berat dan tanggung jawab yang besar guna menyukseskan pesta demokrasi itu. Justru itu, harus diciptakan situasi yang aman dan kondusif, sebab potensi terjadi konflik menjelang pelaksanaan Pilkada cukup besar" ujarnya.

Selain Danramil 01 Bengkalis, Mayor Infantri Irwan dan Camat Bengkalis Djamaluddin dalam acara pembukaan pelatihan Linmas ini juga dihadiri puluhan Kepala Desa yang ada di kecamatan Bengkalis. (ail)Â