PEKANBARU - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama stakeholder terkait dalam rangka pengawasan Pemilu tahun 2019. Tujuannya ialah untuk menyatukan persepsi dan saling memberikan masukan karena tidak lama lagi akan diadakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Ketua Panwaslu Kota Pekanbaru, Indra Khalid Nasution mengatakan, Pilkada serentak tahun depan telah memasuki tahap pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan data pemilih dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pun sudah turun.

"Insya Allah pada 19 Januari 2019 mendatang akan dimulai untuk melakukan pendataan ke rumah-rumah. Karena daftar pemilih selalu menjadi masalah yang tidak pernah sembuh," jelas Indra saat menyampaikan sambutannya di Grand Elite Hotel, Jalan Riau Pekanbaru, Kamis (21/12/2017).

Indra menuturkan, untuk Pemilu tahun 2019, saat ini sedang memasuki tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik (Parpol).

"Untuk sementara, baru dua parpol yang lulus verifikasi administrasi dan faktual," ungkapnya.

Ia pun berharap, kegiatan rakor dan sosialisasi seperti ini dapat terus dilakukan menjelang Pemilu.

"Kegiatan ini harus sering kita lakukan agar proses pemilu dapat terlaksana berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku,"tutupnya.

Rakor kali ini, Panwaslu mengundang beberapa stakeholder terkait yang terdiri dari pimpinan Parpol, Satpol PP, Kesbangpol, Camat se-Kota Pekanbaru, dan media massa.***