BENGKALIS - Demi mewujudkan pemerataan keluarga sejahtera di Kabupaten berjuluk Negeri Junjungan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk-KB) Kabupaten Bengkalis menggelar sosialisasi Fasilitasi dan Sosialisasi Pengelolaan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera.

Bertempat di Aula Balitbang Jalan Pertanian Bengkalis, sosialisasi tersebut dibuka Kepala Disdalduk-KB Kabupaten Bengkalis, Ismail, Kamis (22/2/2019).

Dalam sambutannya, Ismail menyambut baik kerjasama BKKBN dalam melaksanakan sosialisasi Pengelolaan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera ini. Dimana melihat dari fungsinya memang menjadi sesuatu yang dibutuhkan masyarakat di Kabupaten Bengkalis.

Ismail berharap pada peserta benar-benar mengikiti dan mencermati setiap penyampaian materi kegiatan yang sangat bermanfaat ini dengan sebaik-baiknya.

“Selain itu, setelah mengikuti sosialisasi ini, kami berharap peserta dapat menerapkan apa yang di dapat selama sosialisasi. Yang mana salah, diperbaiki. Yang kurang baik, lebih tingkatkan lagi. Sehingga sosialisasi ini benar-benar memberikan manfaat bagi kita semuanya,” tuturnya.

Walaupun di Kabupaten Bengkalis Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera belum ada. Namun Ismail menargetkan tahun 2020 sudah dapat terbentuk.

“Kami upayakan tahun depan sudah terbentuk. Mengingat ini menjadi sesuatu yang dibutuhkan, dimana ketika mereka ada masalah pada pengasuhan bisa segera kita lakukan konseling. Jika kita punya lembaga ini, maka jelas akan memberikan manfaat besar,” ucapnya.

Sosialisasi ini diisi oleh dua pemateri dari BKKBN Perwakilan Provinsi Riau, yakni Kabid Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Yasni dan Kepala Sub Bagian Bina Keluarga Balita, Anak dangdut yang Ketahanan Keluarga Lansia (BKBAKKL).

Diikuti sekitar 50 orang peserta perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, KUA Kecamatan Bengkalis dan Bantan, Tim Penggerak PKK Kecamatan Bengkalis dan Bantan, Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Bandar Laksamana dan Siak Kecil mengikuti sosialisasi hingga selesai.

Dua pemateri dari BKKBN Provinsi Riau ini memberikan materi yang menarik bagi seluruh peserta. Dimana Tresnawati manyampaikan materi mengenai program ketahanan keluarga dan Tresnawati menyampaikan materi mengenai pengelolaan Pusat Pelayanan Konseling Keluarga Sejahtera (PPKS).***