RENGAT - Setelah berpuluh-puluh tahun ratusan warga Suku Talang Mamak (suku terasing - red) yang ada di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu, Riau, tinggal di daerah terolir, warga itu sudah mulai bernafas legah.

Walau pembangunan badan jalan baru yang mereka idam-idamkan dari Pemkab Inhu tidak terealisasi, kini semuanya sudah diwujudkan pihak Kodim 0302 Inhu.

Melalui program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 98 tahun anggaran 2017, Kodim 0302 Inhu membangunkan akses jalan menuju kampung suku terasing itu. Bahkan, mutu pembangunan badan jalan tersebut jauh lebih baik dari yang mereka bayangkan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Desa Talang Jerinjing Bustanul Arifin, menyebutkan bahwa, pihaknya sangat berterimakasih kepada Kodim 0302 Inhu yang telah memilih desa mereka sebagai salah satu lokasi pelaksanaan TMMD ke 98.

"Atas nama warga suku talang mamak dan pemerintahan Desa Talang Jerinjing, kami mengucapkan penghargaan yang tinggi kepada Kodim 0302 Inhu. Dengan adanya program TMMD ini, masyarakat kami tidak lagi terisolir dan pembangunan jalan ini merupakan impian mereka," ujar Arifin, Sabtu (8/4/2017).

Selain itu, berkat pembangunan badan jalan sepanjang 1,8 kilo meter ini, tentunya akan mempermudah akses warga Suku Talang Mamak yang ada di Desa Talang Jerinjing ini dan tentunya akan mampu membuat mereka semangkin maju dan beradaptasi dengan warga lain.

"Badan jalan yang dibangun ini, nantinya akan menjadi jalan penghubung satu-satunya antara Dusun 1 menuju Dusun IV. Sesuai data terakhir, sedikitnya ada 300 kepala keluarga warga Suku Talang Mamak yang berada di dusun IV tersebut," ujarnya.

Tidak itu saja sambung Sekdes, TMMD yang digelar Kodim 0302 Inhu itu secara tidak langsung sudah merobah status sosial warga Suku Talang Mamak. "Begitu jalan itu ada, tentunya Suku Talang Mamak tidak lagi terisolir dan terasing," terangnya.

Sebelumnya tambah Arifin, Selama ini pemerintah kesulitan membuka akses jalan ke daerah itu lantaran warga enggan menghibahkan tanah mereka. Namu, sejak satu tahun terakhir warga sadar akan pentingnya akses jalan dan bersedia menghibahkan tanah mereka.

"Bertepatan dengan program TMMD ke 98 ini, pembangunan jalan yang dimpi-impikan warga tersebut dapat terwujud. Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih kepada Kodim 0302 Inhu atas semua ini," pungkasnya.(Jef)