DURI - Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 43 Kecamatan Mandau resmi ditutup, Sabtu (8/4/2017) malam. Terlihat sekitar belasan ribu umat muslim datang ke acara malam penutupan yang berlangsung di komplek Masjid Arafah Duri.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia MTQ, Sanusi SH MH menyampaikan tahniah kepada pembaca tilawah terbaik, Mardiah yang merupakan utusan dari Desa Tambusai Batang Dui dengan nilai 92,33. Berdasarkan keputusan juri juga, Kelurahan Air Jamban ditetapkan sebagai peraih juara umum.

Selanjutnya, Sanusi juga mengucapkan tahniah kepada Plt Sekda Kabupaten Bengkalis, Ariyanto yang kembali dipercaya menjabat Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bengkalis.

"Terimakasih atas partisipasi seluruh masyarakat Duri dan sekitarnya untuk mengikuti pelaksanaan MTQ mulai dari pembukaan hingga di malam penutupan ini. Masyarakat terlihat antusias setiap harinya mengikuti pelaksanaan MTQ Kecamatan Mandau," kata Sanusi kepada GoRiau.com (GoNews Grup).

Selanjutnya, dijelaskan Sanusi, stand bazar juga setiap hari ramai didatangi pengunjung. Ada 23 stand UMKM dari Desa dan Kelurahan se Kecamatan Mandau, ada stand bank Riau Kepri serta Stand Ikhrohil.

"Mayoritas stand itu diisi oleh usaha kecil dan menengah. Masing-masing stand terlihat sangat meriah dan dengan produk-produk yang ditampilkan. Mudah-mudahan UMKM yang ada di Kecamatan Mandau ini bisa meningkatkan produksinya dan mendapat pembinaan serta pelatihan dari instansi terkait di pemerintah Kecamatan Mandau," tuturnya lagi.

Suksesnya pelaksanaan MTQ Kecamatan Mandau yang diikuti 228 peserta ini, kata Sanusi tidak lepas dari dukungan semua pihak yang sudah membantu, baik secara moral maupun moril.

Sanusi juga memaparkan secara rinci penggunaan anggaran dana pelaksanaan MTQ Kecamatan Mandau ini kepada seluruh umat muslim yang hadir.

"Panitia MTQ masih berhutang usai MTQ ini. Karena dana pelaksanaan MTQ dari APBD Bengkalis ditambah dengan bantuan dari sejumlah donatur masih belum cukup. Ada sekitar Rp 53 juta kekurangan dana panitia untuk kegiatan MTQ ini," tutupnya. ***