DURI - Esensi pelaksanaan Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) selain untuk membumikan nilai-nilai Al quran, kegiatan ini juga sebagai bentuk pembinaan terhadap kader-kader yang mampu meraih prestasi gemilang untuk mengharumkan nama daerah dikancah Provinsi, Nasional dan Internasional.

Demikian disampaikan Plt Sekda Bengkalis, H Ariyanto saat membacakan sambutan Bupati Bengkalis di malam penutupan MTQ ke 43 Kecamatan Mandau di Masjid Arafah Duri, Sabtu (8/4/2017) malam.

"Untuk itu kami meminta kepada pengurus LPTQ Kecamatan Mandau untuk meningkatkan pembinaan terhadap kader-kader Al Quran. Tak hanya itu, LPTQ Mandau juga harus berkordinasi dengan lembaga pendidikan Al Quran maupun Ponpes," kata Ariyanto kepada GoRiau.com (GoNews Grup).

Dalam pembinaan kader ini, lanjutnya lagi, LPTQ juga harus bisa mengutamakan potensi anak watan, putra putri tempatan. Mengingat pelaksanaan MTQ sudah berbasis elektronik atau e-MTQ, semua peserta MTQ persyaratan administrasinya akan di cek secara online.

"Untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional itu peserta harus membawa dokumen kependudukan yang sebenarnya sebagai kelengkapan administrasi. Dan mendaftarnya juga sudah menggunakan sistem online," ujarnya lagi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Arianto juga mengucapkan tahniah kepada seluruh pemenang pada MTQ ke 43 Kecamatan Mandau ini.

"Hendaknya prestasi yang diraih ini menjadi motivasi untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan. Kepada yang belum meraih prestasi, agar terus berusaha dan belajar untuk dapat meningkatkan prestasi lebih baik dimasa yang akan datang," tutupnya. ***