SIAK - Kabupaten Siak, Riau kini memiliki Resort Based Manajemen (RBM) yang dibangun oleh PT Arara Abadi. Gedung di Jalan Sungai Apit Kampung Dosan, Kecamatan Pusako menjadi Resort pertama di Indonesia dari 7 daerah yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk dibangun RBM.

Gedung yang difungsikan sebagai tempat berkumpulnya petugas patroli Karhutla ini diberi nama UPT KPH Tasik Besar Serkap Resort Dosan dan diresmikan langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (15/10/2020).

Direktur PT Arara Abadi, Edi Haris menyebutkan PT Arara Abadi sangat berkomitmen untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan di Riau bersama-sama dengan Pemda, TNI, Polri.

SelanjutnyaPT Arara Abadi juga sangat mendukung apa yang diinisiasi oleh sekjen LHK berupa RBM ini dan menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan bakar lahan.

"Harapan kita tentu kebakaran lahan yang biasa terjadi di tahun-tahun lalu tidak ada lagi terjadi. Dan kita juga sangat mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti harapan Gubernur Riau," kata Edi.

Keberadaan Resort Dosan ini sudah dapat dilihat manfaatnya. Dimana, dari hasil monitoring dari Januari sampai sekarang tidak ada lagi terjadi kebakaran lahan dan hutan.

"Di Riau akan dibuat 2 Resort ini, satunya lagi di Pulau Rupat, Bengkalis. RBM ini akan dipimpin oleh Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tasik Besar Serkap (TBS) Provinsi Riau," kata Edi Haris.

GoRiau Penyerahan aset gedung Resort
Penyerahan aset gedung Resort Dosan kepada Pemprov Riau.
Gubernur Riau, Drs H Syamsuar sangat mengapresiasi bantuan pembangunan resort ini. Disebutkannya pembangunan Resort Based Manajemen ini merupakan usulan dari Sekjen Kemen LHK RI selaku Plt Dirjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) yang datang ke Riau pada Februari lalu Pak Sekjen berkunjung ke Riau.

"Pada saat itu beliau menyampaikan untuk penuntasan kebakaran hutan dan lahan yang ada di Provinsi Riau. Akhirnya dicarilah solusi agar kebakaran tidak berulang. Alhamdulillah PT Arara Abadi dapat mewujudkannya," kata Syamsuar.

Syamsuar yakin dengan adanya Resort ini, tidak ada kasus kebakaran lagi di Dosan, Kabupaten Siak. Sebab selama ini petugas pemadam tidak ada di sekitar lokasi hutan karena kebanyakan berkantor di Pekanbaru.

GoRiau Pj Bupati Siak, Indra Agus Luk
Pj Bupati Siak, Indra Agus Lukman menanam pohon di sekitar lingkungan Resort Dosan.
"Resort ini sangat efektif untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Di gedung ini semua  petugas Damkar Karhutla bisa berkumpul. Apalagi dengan adanya ini petugas jadi rutin melakukan patroli dan saat ada kebakaran, bisa langsung dipadamkan karena selalu ada petugas di Resort," ujar Syamsuar lagi.

Dalamkesempatan itu juga, Pj Bupati Siak, Indra Agus Lukman menyebutkan secara geografis kondisi Dosan memang sudah familiar bagi Gubernur Riau.

GoRiau Direktur PT Arara Abadi, Edi H
Direktur PT Arara Abadi, Edi Haris.
"Kami berharap dengan adanya resort ini, selain petugas, warga juga bisa ikut berpartisipasi dalam membantu mencegah terjadinya kebakaran hutan di lahan gambut Dosan ini," kata Indra Agus Lukman.

Selanjutnya, Pj Bupati Siak itu juga berharap pihak perusahaan dapat memperhatikan aliran sungai, karena daerah Kecamatan Pusako ini dialiri sungai dan menjadikan resort ini sebagai wadah untuk pemberdayaan masyarakat.

"Jadi keberadaan resort ini hendaknya juga dirasakan masyarakat setempat. Tidak hanya untuk penanggulangan api saja, tetapi warga sekitar juga bisa diajak mengolah lahan dengan menanam. Sehingga lahan gambut di Dosan ini juga dapat terjaga," kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau itu sembari menyampaikan salam kenal kepada seluruh warga yang hadir.

 

GoRiau Gubri, Syamsuar tanam jagung d
Gubri, Syamsuar tanam jagung di lingkungan Resort Dosan.
Setelah meresmikan Resort Dosan dengan penandatanganan prasasti, Gubri bersama seluruh tamu undangan Forkompinda Siak melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi Resort Dosan dan menanam jagung merah. ***