SIAK SRI INDRAPURA - Perusahaan Kertas APRIL Group turut meramaikan Festival Kabupaten Lestari II di Kabupaten Siak dengan memperlihatkan produk bubur kertas, rayon, dan serta hasil produk masyarakat binaan serta program lingkungannya.

Masyarakat terlihat antusias mendatangi stand APRIL dalam kegiatan di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Mempura, Siak. Mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang apa saja yang diproduksi oleh APRIL Grup ini.

Dalam pameran itu, ada produk bubur kertas yang diperlihatkan hasil dari PT Riau Andalan Pulp and Paper dan Produk Rayon merupakan bahan untuk pakaian yang diproduksi oleh bagian usaha Asia Pasific Rayon.

Sedangkan untuk produk masyarakat hasil binaan PT RAPP ada Nenas, Beras, Madu Kelulut, dan Madu Sialang. Ada juga produk kerajinan Batik yang mana pengrajinnya merupakan masyarakat tempatan di sekitar wilayah operasi pabrik.

Corporate Communication Head RAPP, Nyoman Iswarayoga mengatakan APRIL dalam kesempatan ini juga memperlihatkan Program Restorasi Ekosistem Riau (RER). Program tersebut yakni setiap 20 hektar ada satu hektar dialokasikan untuk konservasi.

Program yang merestorasi hutan alam yang terdegradasi ini dilakukan di Semenanjung dan Pulau Padang. Luasnya mencapai 150 ribu hektar hutan alam yang sama dengan dua kali Negara Singapura.

"Restorasi ini mengembalikan ke bentuk awal, pakai tanaman alami juga seperti Meranti Lilin dan Batu. Ada Nursery atau kebun pembibitan khususnya, jadi tidak hanya untuk bubur kertas ada Nursery nya, tapi juga untuk restorasi ekosistem," tambahnya.

Selain itu, untuk program pencegahan kebakaran hutan dan lahan yakni Desa Bebas Api. Di sini PT RAPP mengajak dan menumbuhkan kepedulian masyarakat yang tinggal di desa-desa sekitar wilayah operasional perusahaan.

Festival Kabupaten Lestari II digelar dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Siak ke-20 yang jatuh pada 12 Oktober. Siak ditunjuk sebagai tuan rumah setelah tahun sebelumnya Festival Kabupaten Lestari I di Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan.

Gelaran ini acara tahunan sejumlah kabupaten yang tergabung dalam Lingkar Temu Kabupaten Lestari. ***